Indorsie.com media Inspirasi, Referensi, dan Review

Inilah Penjelasan Adjective Clause disertai Contoh Kalimatnya

Indorsie.com - Adjective clause adalah anak kalimat (dependent clause) yang berfungsi sebagai adjective atau kata sifat. Belajar mengenai adjective clause sangat penting mengingat bahwa kadang dalam kalimat bahasa Inggris menggunakan kalimat yang komplek sehingga bisa membingungkan anda. Salah satu faktor yang bisa membuat anda bingung adalah adjective clause. Namun, jangan ini dijadikan sebagai hambatan karena sesungguhnya adjective clause itu cukup sederhana.

Pengertian Adjective Clause
Penjelasan adjective clause atau relative clause adalah dependent clause (anak kalimat atau susunan kata yang belum bisa dikatakan sebagai kalimat karena maknanya masih mengambang) yang berfungsi sebagai adjective untuk menjelaskan noun (kata benda) dan pronoun (kata ganti benda) pada main clause (berupa induk kalimat yang sudah utuh maknanya, sudah bisa dipahami). Sebagai gambaran sedikit bahwa dalam clause itu terdiri dari main clause (induk kalimat) dan dependent clause (anak kalimat). Nah, adjective clause sendiri merupakan varian dari dependent clause.
adjective-clause-adalah
Adjective clause
Posisi adjective clause dalam kalimat selalu mengikuti noun atau pronoun yang dijelaskannya. Untuk menjembatani antara adjective dan noun atau pronoun yang diterangkan, maka diperlukan sebuah relative pronoun (who, whom, whose, that, or which) atau relative adverb (why, where, or when).

Contoh Kalimat Adjective Clause
Perhatikan contoh soal adjective clause di bawah ini agar memudahkan anda memahami adjective clause dan posisinya.

Contoh:
The motorcycle that he wants to buy is expensive. (Motor yang ingin dia beli itu mahal)

Keterangan:
The motorcycle : noun
that : relative pronoun
that he wants to buy : adjective clause yang menjelaskan noun (the motorcycle). Penjelasan lebih lanjut bahwa, that he wants to buy adalah klausa karena terdiri dari subject (he) dan verb (wants to buy). Dan berfungsi sebagai adjective clause karena menerangkan atau menjelaskan kata benda (noun).

Fungsi dan Penggunaan Adjective Clause
Telah dijelaskan di bagian awal bahwa adjectice clause bisa berupa relative pronoun dan relative adverb. So, bagaimana fungsi dan penggunaan kedua jenis adjective clause ini. Berikut adalah contoh adjective clause lengkap dengan penjelasan fungsi dan penggunaannya.

Relative Pronoun:

  • Who : untuk menggantikan subyek orang atau manusia (I, you, they, we, he, she, Indra, etc). Adjective clause who diikuti dengan verb (kata kerja). Contohnya: The man who invite me go to the library is my teacher. (Pria - yang mengundangku pergi ke perpustakaan - adalah guru saya).
  • Whom : untuk menggantikan objek (me, you, us, them, him, her, the student, Indra, etc). Adjective clause whom diikuti dengan subject. Contohnya : You are my best friend whom I miss (Kamu adalah teman terbaik - yang aku rindu).
  • Whose : untuk menggantikan kepemilikan (my, your, our, their, her, his, its, Efen's). Adjective clause whose diikuti dengan noun. Contohnya: The student, whose laptop is expensive is my enemy. (Siswa - yang memiliki laptop yang mahal itu adalah musuh saya).
  • Which : untuk menggantikan subyek atau obyek, tetapi dikhususkan untuk benda atau binatang. Contohnya: Blacky which is very dangerous is Efen's dog. (Blacky - yang sangat berbahaya itu - adalah anjing Efen).
  • That : untuk menggantikan noun (benda). Contohnya: The book that i buy on the bookstore is very cheap (Buku - yang saya beli di toko buku itu sangat murah).
Pada umumnya relative pronoun (who, whom, whose, which, that) jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memilikii arti yang.

Relative Adverb
  • Where : untuk menjelaskan tempat. Contohnya : Makassar is a city where you take English course (Makassar adalah kota dimana kamu mengambil kursus bahasa Inggris).
  • When : untuk menjelaskan waktu. Contohnya: The month when you went to Kediri is October (Bulan dimana kamu pergi ke Kediri adalah Oktober).
  • Why : untuk menjelaskan alasan. Contohnya : I wonder why you love her (Saya heran mengapa kamu suka padanya).

Semoga penjelasan adjective clause dan contoh kalimatnya bermanfaat bagi anda. Jika kamu suka artikel ini, please like, tweet, share or comment below. Mohon maaf jika penjelasan kami ada kekurangan. Salam, indorsie.

Artikel Indorsie.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Klik "Notify me" untuk mengetahui seseorang membalas komentar anda.

Copyright © 2017-2018 Indorsie.com