Indorsie.com media Inspirasi, Referensi, dan Review

4 Langkah Cara Copy Paste PDF ke WORD agar Rapi

Proses copy paste teks atau dokumen dari file pdf ke microsoft word biasanya membuat teks yang dicopy menjadi berantakan. Nah untuk merapikan teks yang berantakan ini merupakan pekerjaan yang membosankan dan memakan banyak waktu. Bagi yang belum tahu, cara merapikan teks ini hanya di delete spasinya agar teksnya bisa bersatu.
cara-copy-paste-pdf-ke-word

Padahal jika anda tahu cara copy paste pdf ke word agar rapi, mungkin pekerjaan atau tugas anda akan cepat selesai. Saya pun sebelumnya tidak tahu trik SEDERHANA ini.

Cara Copy Paste Pdf ke Word

Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan tips dan trik sederhana mencopy paste teks dari pdf ke word agar terlihat rapi. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, buka file pdf yang akan anda copy isi teksnya. Anda bisa membuka dengan pembuka pdf apapun kesukaan anda. Saya biasanya menggunakan Foxit Reader.
copy-paste-pdf-word
Seperti pada gambar di atas, saya melakukan proses copy pada salah satu textbook yang berbentuk pdf. Kebetulan gambar di atas adalah salah contoh teks yang harus saya copy dari tugas kuliah saya.

Saran dari saya untuk mengcopy teks pdf ini dilakukan dengan mengcopy paragraf demi paragraf. Tidak langsung satu halaman. Apalagi jika bentuk teks pdf-nya seperti di atas.

Kedua, setelah mengcopy salah satu bagian isi pdf silahkan anda buka browser google chrome anda. Seperti pada gambar di bawah ini
copy-paste-pdf-ke-chrome
Dengan mengcopy teks yang berasal dari pdf ke browser chrome akan membuat spasi-spasi teks menjadi tersambung kembali antara satu bagian kalimat dengan kalimat lain. Ini membuatnya menjadi satu paragraf yang utuh kembali.

Untuk tutorial langkah langkah ini saya menggunakan browser google chrome. Saya belum mencoba untuk browser lain, namun nampaknya trik ini juga bisa diterapkan.

Ketiga, setelah bagian atau salah satu paragraf dari teks pdf telah dicopy di browser google chrome. Silahkan ENTER kemudian hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.
cara-copy-pdf-word-dengan-chrome
Setelah dienter, silahkan copy kembali teks yang berada pada kotak pencarian chrome seperti di atas. Dengan menerapkan langkah ini, maka teks-teks tersebut akan menjadi normal kembali dan siap untuk dicopy pada microsoft word.

Keempat, setelah teks dicopy dari KOTAK PENCARIAN google chrome maka silahkan paste-kan teks tersebut pada microsoft word. Dan hasilnya teks-teks tersebut akan rapi dan akan menyesuaikan dengan margin yang telah anda atur sebelumnya di microsoft word.

Sebelumnya saya juga tidak mengetahui cara SEDERHANA ini. Sehingga pengerjaan copy paste teks dari pdf ke word menjadi sangat melelahkan. Sebab tiap potongan teks harus di delete spasinya agar bisa bersambung antara satu bagian/satu kalimat dengan yang lainnya untuk membentuk satu paragraf yang rapi.

Baca jugaPembagian dan Contoh Kata Benda dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Pentup
Demikianlah empat langkah SEDERHANA dalam melakukan copy paste PDF ke Word. Semoga tips ini bisa memudahkan kalian dalam mengerjakan tugas.

Artikel Indorsie.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Indorsie.com |