iklanheader

Cara Transfer Domain dari Namecheap ke Namesilo

Saya termasuk pengguna layanan namecheap. Sebagai layanan penyedia domain dan hosting, namecheap lebih populer sebagai layanan penyedia domain.

Namecheap memiliki keunggulan, salah satunya telah tertera pada nama mereka cheap. Ya, murah. Domain TLD yang mereka jual sangat murah. Bayangkan saja, domain dot com, dijual dengan harga 0,88 dollar/tahun atau sekitar 10 ribu lebih. Sangat murah kan. Ditambah dengan layanan privacy, semacam whois Guard yang juga gratis

Ini sangat cocok bagi blogger yang ingin irit. Meminimalisir pengeluaran, sembari mendapatkan untung yang banyak. Hehe.

Hanya saja, layanan murah ini tidak selamnya membuat kita kegirangan. Domain murah ini hanya berlaku selama setahun. Setelahnya, harganya menjadi mahal. Sekitar 13 dollar, hampir 200 ribu. Masih mahal jika dibandingkan dengan membeli dari penyedia domain lokal.

Untuk itulah, kali ini saya akan membagikan semacam tutorial bagaimana menyiasati hal ini, yakni dengan melakukan transfer domain ke layanan lain. Rekomendasi saya adalah ke namesilo.

Untuk transfer domain ke namesilo, harga domainnya dalam setahun hanya 8 dollar. Hemat 5 dollar setahun. Tentu dengan interface pengaturan domain yang sangat mudah. Semudah di namecheap.

Cara Transfer Domain dari Namecheap ke Namesilo

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan:

1. Masuk ke akun namecheap anda, kemudian masuk ke menu domain list, terus pilih salah satu domain yang ingin ditransfer. Klik manage.
cara-transfer-domain
2. Kemudian klik tab Sharing & Transfer, pada bagian paling bawah Transfer Out, Unlock domain untuk mendapatkan kode autorisasi.
sharing-transfer-domain
3. Kode Auth nantinya akan dikirimkan ke email akun pendaftaran namecheap. Biasanya sebelum dikirimi kode tersebut, anda akan sedikit dimintai alasan mengapa mau melakukan transfer domain.

Terlihat pada gambar di bawah ini, beberapa alasan yang mungkin terjadi mengapa seseorang ingin transfer domain. Anda bisa mengisinya dengan lengkap, namun bisa juga mengikuti cara saya di bawah ini. Pilih Other, kemudian untuk alasan Optional apakah mau menuliskan atau tidak. Checklist It's okay to..., kemudian klik Send Code.
kode-autorisasi-transfer-domain
4. Tak berselang beberapa lama, email dari namecheap akan masuk ke email anda. Email yang saya terima sendiri seperti gambar di bawah ini.

Kode autorisasi ini sangat berguna untuk dipastekan ke akun namesilo.
kode-auth-email

5. Silahkan login ke akun namesilo anda, kemudian pilih tab transfer.
transfer-domain-namesilo
6. Setelah itu, masukkan domain yang ingin anda transfer pada Transfer Domains to NameSilo. Bisa transfer banyak domain juga. Kalau pengalaman saya ini, hanya mentransfer satu domain. Kemudian klik Search.

7. Setelah itu muncul langkah seperti ini, Transfer Search Results, masukkan kode autorisasi yang tadi copy. Paste pada bagian Authorization Code. Kemudian klik Transfer These Domains.
mengisi-kode-auth-namesilo
8. Setelah beres, maka masuk pada proses pembayaran. Pada Current Cart Contents, lakukan konfigurasi yang anda butuhkan. Pada bagian Auto Renew, saya pilih No, kemudian Privacy Setting, saya pilih mengambil fasilitas WHOIS Privacy. Selain gratis, juga sangat berguna menjaga privasi domain kita nantinya.

Jumlah yang saya bayar adalah 8,39 dollar. Lumayan menghemat kantong beberapa dollar. Hehe. Klik Continue untuk melanjutkan proses pembayaran. Saya pribadi membayar menggunakan paypal.
pembayaran-transfer-domain-namecheap-namesilo

9. Setelah semuanya selesai, checklist bagian I accept...., kemudian klik Place My Order.
order-domain-namesilo

10. Setelah itu, anda akan dikirimi email pemberitahuan seperti ini. Emainya kurang lebih berisi pemberitahuan bahwa proses transfer domain telah diterima dan prosesnya transfer akan beres dalam waktu 5-6 hari. Dan benar saja, proses transfer domain saya sesuai dengan estimasi yang tertera pada email tersebut.
proses-tunggu-5-6-hari

Baca jugaCara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Nah bagaimana, mudah bukan proses transfer domainnya? Tulis di kolom komentar jika ada pertanyaan atau ada sharing pengalaman lain cara melakukan transfer domain.

Demikianlah langkah-langkah cara melakukan transfer domain dari namecheap ke namesilo. Semoga berguna bagi anda, terutama untuk menghemat budget biaya website anda. [indorsie]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel