Berbagai Alasan Resign Kerja Secara Lengkap

alasan-resign

Terkadang dunia kerja tidak selalu berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Banyak hal yang kerap dialami oleh seseorang ketika masuk dalam dunia kerja tersebut. misalnya mulai dari tekanan dan tantangan yang membuat Anda merasa mengajukan resign adalah hal yang tepat.

Namun, tidak bisa dipungkiri juga ketika ingin mengajukan resign, hampir semua orang mungkin akan diselimuti rasa khawatir dan cemas berlebihan. Biasanya hal tersebut membuat seseorang menunda untuk mengajukan resign dari pekerjaannya.

Meski bukan hal yang mudah, tidak jarang seseorang akan merasa bahwa keputusan resign menjadi pilihan yang bulat. Jika sudah demikian maka saat mengajukan resign harus dilakukan setidaknya 1-2 bulan sebelum waktu resign ditetapkan dengan mengirimkan surat resign atau pengunduran diri. Hal tersebut agar tempat Anda bekerja dapat mencari orang baru untuk menggantikan posisi Anda.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan beberapa alasan mengapa Anda memutuskan berhenti bekerja. Meskipun terdengar sepele, alasan resign dapat mempengaruhi reputasi Anda, baik untuk perusahaan lama tempat Anda bekerja maupun di perusahaan yang akan Anda masuki nanti.

Alasan Resign yang Masuk Akal


Nah, agar reputasi Anda tetap baik di kedua perusahaan itu, tentunya alasan resign harus alasan yang masuk akan dan dapat diterima berbagai pihak. Oleh karena itu berikut beberapa alasan yang masuk akal ketika Anda akan mengajukan resign, di antaranya:

1. Alasan Keluarga
Alasan yang paling umum digunakan untuk berhenti bekerja adalah alasan keluarga. Untuk alasan keluarga ini pun dapat bermacam-macam contohnya terlalu banyak pekerjaan sehingga membuat waktu bersama keluarga tersita atau bisa karena terlalu jauh dari keluarga.

2. Melanjutkan Pendidikan
Salah satu hal yang dapat menunjang perkembangan karier seseorang adalah pendidikan. Sehingga alasan resign karena ingin melanjutkan pekerjaan menjadi alasan yang cukup kuat dan tidak akan dipermasalahkan oleh tempat kerja Anda. Umumnya tempat kerja Anda akan memberikan dukungan yang cukup baik untuk mengembangkan diri. Mungkin bisa jadi tempat kerja Anda akan memberikan counter offer untuk bekerja lebih leluasa sambil melanjutkan pendidikan.

3. Tidak Sesuai dengan Latar Belakang Pendidikan
Tidak jarang seseorang bekerja belum sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan hal ini menuntut seorang pegawai harus serba bisa. Karyawan harus melakukan berbagai pekerjaan sekaligus, bahkan sampai harus berbeda dengan latar pendidikannya. Alasan seperti ini akan menjadi satu alasan yang kuat saat mengajukan resign.

4. Mendapatkan Tawaran Pekerjaan Lain
Jika Anda tidak menemukan alasan lain yang sesuai untuk resign, maka Anda dapat menggunakan alasan ini. Keterbukaan terhadap tempat Anda bekerja menjadi lebih baik. pasalnya Anda tidak perlu menutupi kondisi yang sedang terjadi.

Alasan Resign ke Atasan


Itulah alasan resign yang masuk akal yang dapat Anda coba jika Anda berniat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda. Berikut beberapa alasan resign ke atasan yang dapat Anda coba ajukan untuk resign.

1. Merasa Tidak Berkembang
Umumnya tempat bekerja akan memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk dapat mengembangkan diri. Namun, jika Anda merasa tidak berkembang dengan apa yang Anda kerjakan di tempat kerja Anda, maka alasan ini dapat Anda ajukan untuk resign.

2. Lingkungan Kerja yang Tidak Kondusif
Sehari-hari seorang karyawan akan berada dalam lingkungan kerjanya. Bisa dikatakan kantor menjadi rumah kedua bagi para karyawan. Jika Anda berada dalam lingkungan yang tidak nyaman setiap hari tentu tidak menyenangkan bukan? Memang alasan ini terlihat subjektif karena tingkat kenyamanan seseorang itu berbeda-beda. Namun hal ini juga tidak bisa kita hindari.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

3. Kurang atau Bahkan Tidak Mendapat Apresiasi
Apresiasi bagi karyawan menjadi suatu hal yang penting dalam pekerjaan. Prestasi sekecil apapun yang dilakukan karyawan perlu mendapat pujian dan perhatian. Melalui pujian ini dapat meningkatkan rasa percaya diri secara tidak langsung. sehingga dapat menambah semangat dan dapat mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik. jika di tempat kerja Anda tidak demikian Anda dapat mengajukan alasan tersebut.

4. Adanya Konflik
Masalah atau konflik dalam sebuah hubungan memang tidak bisa dihindarkan. Apalagi kalau terdapat perbedaan pendapat yang bahkan tidak ada satu kelompok pun yang mau mengalah. Ditambah lagi jika tidak ada atasan yang menjadi mediator yang baik dalam penyelesaian masalah. Tentu hal tersebut membuat suasana tempat kerja menjadi tidak baik dan kerja sama menjadi berantakan. Sehingga mengakibatkan kemunduran produktivitas karyawan dan kelesuan.

5. Jenjang Karier yang Tidak Jelas
Sebelum seseorang diterima dalam sebuah pekerjaan, tentu ia akan menghadapi wawancara dan penjelasan tentang jenjang karier dalam perusahaan tersebut. Namun, ketika tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan diawal, para karyawan pasti akan kecewa. Mereka yang sudah bekerja lama dan mengembangkan perusahaan akan segera mengundurkan diri ketika waktunya untuk mendapatkan promosi kenaikan jabatan malahan tidak didapatinya.

6. Adanya Perubahan Kebijakan
Perubahan kebijakan yang tiba-tiba dan berimbas negatif bagi para karyawan tentu saja akan membuat ketidaknyamanan dan merasa dirugikan. Inilah salah satu alasan mengapa karyawan mengundurkan diri dari pekerjaannya.

7. Prospek Perusahaan yang Tidak Baik
Dunia bisnis layaknya kehidupan yang digambarkan seperti roda, terkadang ada di atas dan terkadang terpuruk di bawah. Demikian juga sebuah perusahaan, pasti ada satu titik dimana perusahaan sedang berada dalam permasalahan. Karyawan yang melihat fenomena ini akan segera mengundurkan diri apabila melihat kemungkinan-kemungkinan dari perusahaan yang akan bangkrut.

Alasan Resign Kerja saat Interview


Selain itu, ketika Anda sudah resign di tempat kerja lama, tidak menutup kemungkinan Anda akan masuk tempat kerja yang baru. Sebelum masuk ke tempat kerja yang baru, Anda tentu akan mengalami interview kerja terlebih dahulu. Nah, biasanya saat Anda interview di tempat kerja baru, Anda akan ditanya mengenai alasan resign kerja di tempat kerja sebelumnya. Alasannya dapat Anda gunakan alasan yang masuk akal dan alasan-alasan di atas.

Biasanya pertanyaan yang paling umum diajukan adalah “Mengapa Anda resign dari tempat kerja Anda sebelumnya?” atau “Apa alasan resign Anda?”. Nah, jika Anda bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut inspirasi jawaban yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kondisi Anda.


  • Saya mengundurkan diri dari tempat kerja sebelumnya karena pekerjaan saya yang lama adalah pekerjaan paruh waktu (part-time), meskipun saya menyukai tanggungjawab pekerjaan saya di tempat kerja lama, namun saya merasa bahwa saya sudah siap untuk bekerja fulltime.
  • Keahlian saya tidak terlalu dibutuhkan pada perusahaan saya yang lama dan saya melihat bahwa pekerjaan di sini sangat sesuai dengan keahlian yang saya miliki.
  • Saya bekerja sebagai karyawan sementara di industri yang sama dengan perusahaan Anda. Sekarang saya mencari pekerjaan dengan posisi tetap, sehingga saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan lama saya.
  • Saya ingin mengembangkan karir saya di perusahaan yang kreatif dan inovatif. Saya merasa sangat sulit untuk mencari pekerjaan ketika saya masih bekerja di perusahaan lama, jadi sekarang saya benar – benar mencari posisi dimana saya dapat menggunakan kemampuan dan keahlian terbaik saya. Perusahaan Anda merupakan tipe organisasi perusahaan yang saya rasa mampu memberi saya nilai tambahan.
  • Tujuan dari perusahaan lama saya sudah tidak sejalan dengan (sebutkan apa yang membuat Anda tertarik bekerja di perusahaan tersebut sebelumnya) sehingga saya memutuskan ini merupakan waktu yang tepat bagi saya untuk mengundurkan diri dari perusahaan lama saya.
  • Saya sedang mencari perusahaan dengan lingkungan kerja seperti yang ada di sini. Saya sangat tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai perusahaan ini.

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Resign Secara Lengkap

Setiap orang memiliki alasan tersendiri dan berbeda-beda untuk berhenti dari tempat kerjanya. Namun hal yang harus diingat adalah perlu adanya pertimbangan matang sebelum Anda benar-benar berhenti bekerja. Itulah alasan resign kerja yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel