Ternyata Mudah, Begini Cara Membuat Parfum Laundry Harum dan Awet

cara-membuat-parfum-laundry

Mencuci pakaian merupakan salah satu kebutuhan setiap manusia. Bisa Anda bayangkan apabila Anda tidak mencuci pakaian sehari saja, tentu pakaian kotor itu tidak lantas berubah langsung bersih bukan? Apalagi jika dibiarkan berhari-hari, pakaian kotor bisa sangat menumpuk dan bisa jadi Anda malah malas untuk mencuci.

Namun Anda tidak perlu terlalu cemas soal urusan cuci mencuci ini. Pasalnya kini bisnis laundry sudah banyak kita temui, apalagi di lokasi-lokasi sekitar kampus, perkantoran atau perumahan. Sehingga tidak heran kalau bisnis laundry ini cukup diminati oleh sebagian besar orang.

Hampir sebagian besar orang-orang yang sibuk dengan pekerjaan dan kuliah mereka membuat aktivitas mencuci sedikit terabaikan. Inilah alasan mengapa bisnis laundry menjadi peluang dengan menawarkan harga terjangkau dan aroma parfum yang bisa dipilih sendiri oleh pelanggan.

Bagi para pengusaha laundry sebaiknya sangat memperhatikan aroma parfum laundry mereka dengan kualitas terbaik. Pasalnya, selain bersih dan rapi pelanggan juga mencari tempat laundry yang memiliki aroma parfum yang harum dan tahan lama dari hasil laundry mereka.

Memang banyak di pasaran menjual parfum laundry yang bermacam-macam dari harga murah sampai yang mahal. Kalau kebetulan Anda ingin membuat parfum laundry sendiri bagaimana ya caranya?

Namun, sebelum membahas cara membuat parfum laundry berikut akan dibahas mengenai bahan-bahan dan alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat parfum laundry ini.

1. Pemilihan Bibit Pewangi

Hal yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah pemilihan bibit pewangi. Anda harus memilih bibit pewangi yang alami, artinya pewangi tersebut belum tercampur zat apapun. Kalau Anda masih bingung dalam urusan membedakan sebuah bibit parfum mana yang original dan mana campuran, caranya adalah mengoleskan bibit pada kulit.

Setelah itu, jika yang Anda rasakan hanya semerbak aroma parfum, maka bibit tersebut memang original alias tanpa campuran. Tapi jika kulit Anda malah terasa panas, itu berarti bibit parfum telah bercampur dengan zat lain. Sehingga hal ini harus Anda perhatikan baik-baik.

2. Pemilihan Bahan Pelarut

Pelarut yang biasanya digunakan untuk membuat parfum laundry ini adalah methanol atau ethanol. Ethanol merupakan pelarut yang paling aman untuk dipilih. Meskipun ethanol ini memiliki harga yang lebih mahal, dan sangat berbahaya jika terhirup, terkena kulit atau terminum. Sedangkan methanol memiliki harga yang lebih murah dengan ethanol.

Apabila Anda memilih menggunakan methanol, Anda harus memilih methanol yang mempunyai kadar murni 99,85%. Methanol yang baik adalah yang bebas dari alkohol tidak berbau thinner.

3.  Beri Kadar Air (H2O) Dalam Larutan Parfum

Agar larutan parfum mendapatkan hasil terbaik berikan kadar H2O sebanyak 100 ml untuk setiap larutan pengharum. Jika kadar air diberikan kurang dari 100 ml maka akan menimbulkan aroma apek pada pakaian. Kalau hal ini terjadi bisa merusak citra bisnis Anda bukan?

4. Tambahkan Neo Fixamax

Neo fixamax adalah pengikat atau penguat aroma parfum yang diciptakan oleh Orchid Brand. Bahan Neo fixamax ini akan memberikan efek harum yang lebih kuat dan tahan lama pada parfum laundry yang Anda buat. Sehingga bahan ini sangat penting Anda campurkan.

5. Alat yang Dibutuhkan

Berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat parfum laundry, yaitu:


  • Ember plastik
  • Pengaduk
  • Gelas ukur 
  • Timbangan


Dari beberapa pembahasan mengenai alat dan bahan membuat parfum laundry, berikut kesimpulan dari penjelasannya, di antaranya:

  • Bibit Parfum (100-500 ml)
  • Methanol / ethanol (kurang lebih 9500 ml)
  • Aquades / air isi ulang (300-1000 ml)
  • Neo Fixamax (50-250 ml)
  • Solubilizer (15 gram)
  • Pewarna (jika dibutuhkan)


Cara Membuat Parfum Laundry 


Ada satu tips apabila Anda ingin membuat parfum laundry sendiri yaitu lebih baik mencampurkan bahan-bahan sedikit-sedikit agar tidak mengedap terlalu lama. Nah, berikut cara membuat parfum laundry yang harum dan awet, di antaranya:

1. Pertama Anda campurkan bibit parfum, bahan pelarut, neo fixamax, solubilizer dan aduk sampai rata serta semua bahan tercampur dengan baik.

2. Kemudian Anda tambahkan Aquades secara perlahan sampai larutan berwarna bening dan tercampur sempurna.

3. Jika perlu, Anda boleh menambahkan pewarna ke dalam parfum yang akan Anda buat. Fungsi pewarna ini adalah untuk membedakan satu aroma parfum dengan aroma parfum yang lainnya.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk membuat parfum laundry sendiri ini? Selain untuk diri sendiri, membuat parfum laundry juga bisa Anda jadikan bisnis lho. Apabila Anda benar dalam semua pengukuran bahan-bahan membuat parfum, maka Anda akan mendapatkan kualitas parfum yang bagus. Sehingga Anda juga bisa lebih irit dalam pengeluaran modal usaha.

Baca Juga:

Nah, itulah pembahasan mengenai cara membuat parfum laundry yang bisa Anda buat sendiri untuk memperkecil pengeluaran modal usaha laundry Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel