iklanheader

Contoh Surat Pengunduran Resign Secara Lengkap

contoh-surat-pengunduran-resign

Terkadang seseorang yang sudah bekerja di tempat tertentu ingin mengundurkan diri atau resign dari pekerjaannya itu. Hal ini wajar bisa terjadi oleh siapapun. Banyak alasan yang mendorong seseorang untuk memilih mengundurkan diri, bisa karena faktor internal maupun eksternal.

Terlepas dari apa alasan seseorang untuk resign, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum akhirnya benar-benar meninggalkan pekerjaannya di tempat kerjanya. Ketika akan mengundurkan diri pun harus dengan cara yang baik-baik. Karena bagaimanapun Anda sudah diterima bekerja di tempat tersebut dengan baik pula.

Contoh Surat Pengunduran Resign 


Salah satu prosedur yang harus dimiliki seseorang untuk resign adalah membuat surat pengunduran diri. Mungkin bagi beberapa orang akan bertanya-tanya bagaimana struktur dan bahasa yang baik dalam membuat surat resign ini. Nah, untuk itu dalam artikel ini akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran resign yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya berikut contohnya, di antaranya:

Baca Juga: 4 Langkah Cara Copy Paste PDF ke WORD agar Rapi

1. Surat Pengunduran Resign Bersifat Resmi

Surat pengunduran diri yang bersifat resmi ini ditujukan bagi Anda yang bekerja di suatu instansi resmi, entah milik pemerintah atau non pemerintah. Bahasa yang digunakan dalam membuat surat ini harus baku dan resmi.
Cirebon, 12 Februari 2019

Kepada Yth,
Kepala PT Jaya Abadi
Di Jl. Pramuka, No. 19, Cirebon

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya sebagai salah seorang karyawan PT Jaya Abadi, berdasarkan dari ketentuan dari Surat kesepakatan Bersama tentang karyawan serta berdasarkan pada undang-undang kerja, maka dengan segala hormat saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama : Ahmad Mutaqqin
Departemen : Keuangan
Jabatan : Manager Keuangan
No. Karyawan         : 1731143088

Bermaksud hendak mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Jaya Abadi dengan alasan harus melanjutkan bisnis orang tua. Surat ini dibuat berdasar pada prosedur hubungan industrial tanpa ada tendensi maksud buruk apapun. Selanjutnya, saya berharap Anda bersedia untuk memahami permohonan ini dan memberikan hak-hak saya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Demikianlah surat permohonan diri saya yang dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,


Ahmad Mutaqqin

2. Surat Pengunduran Resign dari Bank

Beberapa di antara kalian mungkin ada yang bekerja di sektor bank. Nah, untuk surat pengunduran dirinya pun berbeda. Surat pengunduran diri dari bank ini harus dibuat dengan memperhatikan pilihan kata yang terbaik. Hal tersebut penting dilakukan agar pihak perusahaan pun bisa menerima dengan baik.  Kemudian alasan untuk mengundurkan diri pun  tetap harus disertakan dengan logis dan bisa diterima.

Bandung, 10 Januari 2019

Kepada Yth.
Direktur Bank Indonesia
Jl. Ciliwung, No. 41 Bandung

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan surat pengunduran diri sebagai salah seorang karyawan PT Bank Indonesia atas:

Nama : Wijaya Kusuma
Alamat : Jl. Soekarno. No. 11, Bandung

Dengan ini saya bermaksud mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang selama ini diberikan oleh pihak Bank Indonesia kepada saya untuk bekerja di Bank Indonesia yang merupakan bank nasional dengan posisi admin dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun.

Ucapan maaf yang sebesar-besarnya juga tak lupa saya ucapkan kepada semua pihak dan jajaran managemen Bank Indonesia. Terlebih jika terdapat hak-hak yang kurang berkenan yang sudah saya perbuat selama bekerja di Bank Indonesia sebagai Admin.
Saya senantiasa berharap agar Bank Indonesia semakin maju dan terorganisir dengan baik.

Hormat Saya,


Wijaya Kusuma

3. Surat Pengunduruan Resign dari Perusahaan

Surat pengunduran diri dari perusahaan, Anda harus membuatnya secara kontekstual. Pastikan ketika Anda membutanya, alamat surat dan semua hal yang wajib dicantumkan ada di dalamnya. Hal tersebut akan membuat surat pengunduran diri Anda menjadi lebih berkualitas dan bisa diterima oleh pihak perusahaan.

Semarang, 15 Februari 2019

Kepada
Yth. Yudha Aksara
Direktur PT. Makmur Sentosa
Jl. Yos Sudarso No. 05, Semarang

Dengan Hormat,

Melalui kedatangan surat ini, saya Muhammad Qahtan  bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT. Makmur Sentosa sebagai Customer Service terhitung sejak 20 Februari 2019.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya tak lupa saya haturkan kepada semua pihak PT. Makmur Sentosa yang telah memberikan kesempatan serta kepercayaan kepada saya. Dan tak lupa saya juga memohon maaf tak terhingga  kepada seluruh keluarga besar PT. Makmur Sentosa apabila selama bekerja di perusahaan ini saya melakukan suatu kesalahan, baik yang disengaja ataupun yang tidak senjaga.

Saya sangat berharap, ke depan PT Makmur Sentosa akan lebih berkembang dan senantiasa mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

Muhammad Qahtan

4. Surat Pengunduran Diri yang Sederhana

Contoh surat pengunduran ini ditujukan untuk tempat kerja atau lembaga yang tidak mempunyai aturan dan ketentuan resmi. Nah, jika tempat kerja Anda termasuk dalam kategori demikian, Anda bisa menggunakan surat yang sederhana dan tidak terlalu panjang. Meskipun demikian, Anda harus tetap membuat surat dengan bahasa yang layak dan enak dibaca.


                                  Surabaya, 05 Februari 2019
Kepada Yth.
Pimpinan PT. Bumi Jaya

Dengan Hormat,

Dengan kedatangan surat ini, saya atas nama Handika bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Bumi Jaya sebagai Sopir distributor dengan alasan akan pindah tempat tinggal. Saya  berterima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama ini. Dan mohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan semua pihak.

Demikian surat ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Bumi Jaya semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,


Handoko

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Demikian pembahasan mengenai surat pengunduran diri yang bisa dijadikan acuan bagi Anda yang kebetulan akan mengundurkan diri dari tempat Anda bekerja. Pilihlah contoh surat yang tepat dan menggunakan bahasa sopan agar nama baik Anda tetap terjaga dan tentunya perusahaan dapat menghargai Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel