Inilah Peluang Usaha Dagang di Desa yang Menguntungkan

peluang-usaha-dagang-di-desa

Sebagian besar orang mungkin beranggapan kalau hidup di desa itu lebih sedikit peluang untuk membuka usaha atau mencari pekerjaan. Sebagian dari mereka juga mungkin berpikir hidup di kota memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan uang dan pekerjaan.

Padahal sebenarnya hidup di desa pun tidak kalah berpeluang sebagai tempat untuk membuka usaha lho. Pasalnya ada beberapa peluang usaha dagang di desa yang dinilai menguntungkan.

Sekarang ini meskipun tinggal di desa memiliki peluang besar untuk membuka usaha dagang. Apalagi kini dunia internet sudah merambah sampai ke pelosok-pelosok desa. Kehadiran teknologi informasi membuat peluang masyarakat desa lebih banyak khususnya dalam usaha dagang. Hal inilah yang seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat desa.

Peluang Usaha Dagang di Desa


Lalu, memangnya apa saja peluang usaha dagang di desa yang menguntungkan? Peluang usaha dagang di desa itu bisa dikatakan cukup banyak. Asalkan seseorang dapat mencari tahu dan terus berinovasi dengan apa yang akan dikerjakannya. Tanpa berlama-lama, inilah peluang usaha dagang di desa, di antaranya:

1. Dagang Online

Kini internet sudah menjangkau daerah pedesaan sehingga tidak terlalu sulit untuk mengakses internet di desa. Hampir setiap orang di desa pun tentu memiliki smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk berdagang online. Usaha inipun dianggap cukup fleksibel karena dimanapun dan kapanpun Anda dapat mengaturnya dengan leluasa.

Jika Anda berniat memulai dagang online, yang harus Anda lakukan adalah melakukan survei pasar. Mulai mencari produk-produk yang akan dijual oleh Anda. Carilah produk-produk yang kiranya dibutuhkan oleh masyarakat melalui internet. Untuk menunjang bisnis, Anda dapat menggunakan media sosial, marketplace atau membuat situs dagang yang sederhana sebagai tempat jual beli.

Meskipun bisnis yang Anda jalankan dari desa tetapi bisnis ini masih bisa menjangkau hingga daerah di seluruh Indonesia dengan bantuan internet.

2. Dagang Kuliner

Usaha makanan dapat Anda lakukan dimanapun termasuk jika Anda membuka usaha ini di desa. Anda juga bisa menyalurkan hobi memasak Anda untuk berdagang. Adapun jenis makanan yang sering dicari masyarakat desa seperti bakso, mie ayam, gorengan dan lain sebagainya.

Modal untuk menjalankan usaha ini terbilang cukup murah, tentu tergantung jenis makanan yang akan kerjakan. Yang harus Anda ingat adalah Anda tetap harus menyesuaikan jenis makanan yang akan dipasarkan di desa.

Baca Juga: 7 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa yang Patut Dicoba

3. Dagang Pulsa dan Kuota

Rupanya saat ini pulsa dan kuota menjadi kebutuhan yang tidak lepas dari masyarakat. Pulsa dan kuota sudah menjadi barang yang harus dimiliki setiap saat. Pengguna handphone dan internet pun sudah semakin banyak dari masyarakat pedesaan. Hal tersebut tentu menjadi peluang yang sangat potensial bagi masyarakat di desa.

4. Warung Nongkrong Ber-Wifi

Membuka warung nongkrong bisa menjadi salah satu usaha dagang yang dikerjakan di desa. Di warung ini Anda dapat berjualan nasi bungkus, berbagai macam jenis gorengan, kopi panas, minuman jahe hangat dan aneka jenis makanan serta minuman lainnya.

Selain menyediakan makanan dan minuman, agar menambah pengunjung di warung Anda, Anda dapat memasang Wifi gratis. Hampir semua orang saat ini sudah memiliki smartphone. Pemasangan Wifi dapat Anda manfaatkan sebagai strategi menarik pengunjung di warung Anda.

5. Membuka Toko Kelontong

Selanjutnya adalah membuka toko kelontong. Toko ini menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, misalnya beras, sabun, aneka bumbu, jajanan dan lain sebagainya. Toko kelontong memberikan kemudahan dalam menyediakan barang kebutuhan sehari-hari. Ditambah dengan harganya yang murah meriah membuat toko tidak pernah sepi pembeli.

6. Membuka Warung Makan

Rumah makan menjadi peluang usaha dagang di desa selanjutnya. Siapapun orang yang merasa lapar dan sedang malas memasak bisa langsung ke tempat ini. Jika Anda akan membuka warung makan sediakan makanan yang bervariasi setiap harinya agar pembeli tidak bosan dengan menu yang sama.

Baca Juga: 8 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Booming

Nah, itulah beberapa peluang usaha dagang di desa yang menguntungkan dan bisa Anda coba. Sebelum Anda memutuskan menjalankan usaha dagang tersebut di atas, Anda perlu melakukan beberapa pengamatan tentang bagaimana peluang usaha yang Anda pilih bila Anda jalankan di tempat tinggal Anda. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel