iklanheader

Peluang Usaha di Desa Berkembang dengan Modal Kecil

peluang-usaha-di-desa-berkembang

Sama halnya dengan masyarakat di perkotaan, orang-orang di pedesaan pun memiliki peluang untuk membuka usaha bahkan di desa yang masih berkembang sekalipun. Masyarakat di desa yang masih berkembang memiliki kesempatan yang sama untuk membuka usaha.

Namun, memang terkadang mereka masih bingung memilih bisnis yang cocok untuk digeluti. Sebelum seseorang akhirnya memilih untuk membuka usaha, sebaiknya Anda melakukan pengamatan terlebih dahulu di daerah sekitar Anda.

Untuk memulai usaha tidak harus dengan modal yang besar. Modal yang kecil pun bisa dilakukan asalkan memiliki tekad untuk berusaha. Lalu apa saja jenis peluang usaha di desa berkembang dengan modal yang kecil? Berikut ulasannya:

1. Membuka Usaha Makanan

Salah satu membuka usaha makanan adalah dengan memproduksi jajanan snack atau makanan ringan. Anda dapat memproduksi sncak sendiri di rumah. Lalu menitipkan snack tersebut ke warung-warung, kantin sekolah, atau bisa menjajakan snack dari rumah ke rumah.

Jenis makanan yang dapat Anda buat pun beragam dengan keahlian yang dimiliki Anda. Misalnya, donat, puding dan sebagainya. Meskipun dengan modal yang kecil usaha Anda dapat semakin berkembang jika semakin banyak warung yang Anda titipi. Selain itu, Anda juga dapat meraup keuntungan jika menerima pesanan untuk acara.

Salah satu cara agar Anda mendapatkan pesanan adalah melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook atau WA. Bahkan Anda sekarang bisa menawarkan snack di akun online market.

2. Barber Shop

Siapa bilang usaha ini tidak berpeluang. Justru membuka jasa potong rambut dapat menjadi peluang usaha di desa berkembang lho. Dengan keahlian yang dimiliki, seseorang dapat menghasilkan pendapatan tinggi. Pasalnya, ini merupakan keahlian khusus yang dimiliki seseorang untuk dapat memoles tampilan rambut orang lain.

Untuk memulai usaha ini pun, Anda bisa memanfaatkan ruang teras rumah Anda. Anda juga membutuhkan cermin, gunting, sisir dan beberapa pekakas lainnya. Yang terpenting Anda harus dapat membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan mengubah penampilan orang melalui keahlian Anda dalam memangkas rambut.

3. Jasa Disain Grafis

Kemampuan membuat desain juga jangan dianggap remeh. Kemampuan ini dapat dijadikan peluang usaha di desa berkembang dengan memanfaatkan keahlian menyampaikan pesan melalui tulisan dan gambar.

Kebutuhan seni desain grafis bukan hanya kebutuhan orang di kota, namun juga di pedesaan.
Beragam aktivitas membutuhkan jasa ini, misalnya pernikahan, khitanan bahkan hingga pembuatan tulisan untuk toko dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Booming

4. Membuka Bimbingan Belajar

Saat ini orang-orang di desa pun sudah sadar akan pentingnya pendidikan. Termasuk dengan memikirkan tambahan pelajaran bagi anak-anaknya. Sehingga membuka bimbingan belajar ini menjadi salah satu peluang usaha modal kecil di desa berkembang.

Usaha ini dapat Anda jalankan di rumah Anda dengan memanfaatkan salah satu ruangan. Awalnya, tawarkan bimbingan belajar untuk beberapa anak dengan bayaran yang terjangkau. Setelah melihat hasilnya, para orang tua yang lain pun akan tertarik untuk ikut serta dalam bimbingan belajar Anda.

5. Jasa Pengelolaan Web

Jika Anda memiliki keahlian untuk mengelola web, nampaknya ini menjadi peluang bagi Anda. Jasa ini dapat dilakukan dimanapun asalkan memiliki koneksi internet yang memadai. Dalam pekerjaan ini Anda hanya membutuhkan laptop dan saluran internet serta keahlian yang Anda miliki tentang web. Jasa yang Anda tawarkan mulai dari pembuatan website, mengelola konten hingga melayani peningkatan kunjungan web.

Jasa Anda ini akan menambah menarik apabila Anda melakukan promosi melalui media sosial sehingga Anda bisa membuktikan kepada pemesan web bahwa web yang Anda kelola terbukti bisa menciptakan transaksi.

6. Ternak Ayam Kampung

Apabila Anda memiliki lahan yang luas di desa, ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda lakukan dengan beternak ayam kampung. Anda perlu membangun pagar keliling berbahan bambu agar ayam-ayam itu tidak berkeliaran. Selain itu, daging dari ayam yang Anda ternak pun dapat Anda jual di pasar.

Selain itu, Anda harus membuat jadwal kapan harus mulai mengambil bibit ayam baru untuk dibesarkan, menandai ayam yang siap dijual dan mengolah bahan makanan ayam yang bergizi namun efisien dengan menggunakan berbagai bahan yang ada di desa. Hal tersebut untuk mempermudah penghitungan target pendapatan.

Usaha ini cukup memiliki keuntungan. Karena bibit ayam bisa Anda dapatkan dari ayam betina yang Anda pelihara. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan cukup gizi bagi keluarga karena sering mengonsumsi daging ayam kampung yang bagus untuk kesehatan.

Baca Juga: Inilah Peluang Usaha Dagang di Desa yang Menguntungkan

Inilah beberapa peluang usaha di desa berkembang yang bisa Anda lakukan. Namun demikian semua usaha di atas terlebih dahulu Anda melakukan survei dan pengamatan yang detail terhadap  kondisi, situasi dan potensi pasar yang ada. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel