iklanheader

Ini Dia Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan

peluang-usaha-pertanian-menjanjikan

Banyak sekali pengusaha pertanian yang sudah sukses dalam menjalani usahanya. Ini juga merupakan sebuah peluang usaha pertanian yang bisa Anda jalankan. Peluang usaha pertanian masih sangat menjanjikan. Pasalnya bidang pertanian ini merupakan usaha yang menyangkut kebutuhan primer sehari-hari. Bisnis inipun menawarkan keuntungan yang cukup apabila dikelola dengan baik.

Kebutuhan sehari-hari manusia sebagian besar berasal dari bidang pertanian. Sehingga kondisi yang seharusnya dapat dimanfaatkan setiap orang yang mau mengelola pertanian. Bahkan melihat Indonesia sebagai negara agraris, membuat potensi bisnis pertanian sangat terbuka bagi masyarakatnya.

Peluang Usaha Pertanian


Berawal dari modal yang kecil kemudian beranjak ke sedang sampai besar, bisnis ini dapat dijalankan tergantung dari modal yang akan Anda keluarkan. Saat ini peluang usaha pertanian bukan hanya dilakukan di desa namun juga bisa di kota. Apa saja yang termasuk usaha pertanian? Berikut ulasannya:

1. Menjual Tanaman Sayuran Organik
Kini sebagian besar orang sudah menyadari betapa pentingnya memiliki gaya hidup sehat terlebih soal makanan yang dikonsumsinya. Tanaman sayuran yang terjamin kesehatannya adalah jenis sayuran organik. Sehingga membuka usaha pertanian budidaya tanaman sayuran organik sangat potensial untuk dijalankan seiring kesadaran manusia tentang gaya hidup sehat.

2. Membuka Toko Alat Pertanian
Alat-alat pertanian yang biasanya dijual seperti pupuk subsidi, bibit pohon dan tanaman buah-buahan dan sayur sayuran, alat-alat pertanian, mesin pertanian, traktor, dan lain sebagainya. Bisnis ini bisa dijalankan di desa dan di kota, karena di kora besar pun ada orang yang bertani meski di lahan yang sempit hanya di sepetak kebun atau pekarangan rumah. Untuk memulai usaha Anda bisa mencoba menjadi reseller terlebih dahulu dan modalnya pun tidak besar.

3. Usaha Jualan Benih Tanaman
Ada banyak sekali bibit tanaman yang bisa dijual, mulai dari bibit tanaman buah-buahan, sayur sayuran maupun benih tanaman hias. Memulai bisnis ini Anda harus menguasai metode pembibitan. Anda juga harus memiliki jiwa pekerja keras dan tekun. Pangsa pasar bisnis bibit tanaman pertanian cukup besar yang meliputi perusahaan pertanian dan semua petani di perkotaan maupun pedesaan terpencil untuk lahan mereka.

4. Membuka Toko Pertanian Online
Selain Anda membuka toko secara fisik, Anda juga bisa membuka toko secara online. Banyak yang bisa Anda jual di toko tersebut, jualan pupuk subsidi, pupuk vitamin dan nutrisi, perlengkapan pertanian, peralatan pertanian, bibit tanaman dan lain sebagainya. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar seperti saat Anda membuka toko secara fisik. Anda hanya perlu mempromosikan produk Anda sampai seluruh Indonesia.

Baca Juga: Peluang Usaha Minuman Dingin Paling Kekinian dan Hits

5. Membuka Kios Pupuk
Pupuk adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dalam bidang pertanian. Setiap petani tentu akan membutuhkan yang namanya pupuk agar tanaman dapat berkembang dengan baik. Biasanya pun pupuk yang dibutuhkan tidak sedikit karena lahan yang dimiliki sangat luas. Sehingga membutuhkan banyak pupuk. Nampaknya hal ini bisa membuka peluang bagi Anda yang akan membuka usaha pertanian.

6. Usaha Pengepul Padi
Ketika memutuskan membuka usaha sebagai pengepul padi, Anda hanya perlu membeli gabah kering dari para petani. Lalu, padi tersebut dijual kembali ke pabrik penggilingan atau ke kantor bulog dengan harga yang lebih tinggi dari harga saat pembelian.

7. Blogger Niche Pertanian
Seiring dengan berkembangnya internet, dalam bidang pertanian ada yang namanya blogger. Hal ini pun bisa dijadikan peluang usaha Anda. Apabila Anda memiliki pengetahuan luas tentang dunia pertanian Anda bisa menuliskannya dalam bentuk artikel. Misalnya mengenai pertanian meliputi cara bertanam sayuran, cara melakukan pemupukan yang benar, cara budidaya buah-buahan tertentu, cara budidaya sayur sayuran dan lain sebagainya. Banyak orang mencari informasi seperti ini.

8. Usaha Jasa Buruh Pertanian
Seorang petani akan kesulitan jika menggarap lahannya sendirian. Sehingga tentu membutuhkan tenaga tambahan atau buruh. Anda bisa menawarkan bantuan kepada para petani yang membutuhkan buruh petani. Tugas Anda mengkoordinir para petani yang bersedia bekerjasama dengan Anda untuk bekerja dengan sistem komisi.

9. Usaha Tanaman Hidroponik
Saat ini banyak orang yang menggemari bisnis hidroponik ini. Tanaman sayuran hasil hidroponik pun dinilai lebih sehat, lebih bersih dan lebih lezat untuk dikonsumsi. Sayang sekali jika Anda melewatkan bisnis yang satu ini. Untuk membuka bisnis ini Anda pun tidak perlu memiliki lahan yang luas dan modal yang tidak terlalu besar.

10. Usaha Tanaman Hias
Usaha tanaman hias merupakan peluang usaha yang familiar dalam bidang pertanian. Keuntungan yang didapatkan dari usaha tanaman hias ini pun cukup besar. Bahkan jika kita menengok beberapa tahun ke belakang, ada beberapa jenis tanaman hias misalnya gelombang cinta, adenium, tanaman dolar dan bonsai pernah mengalami masa booming dan laris manis dengan harga jual yang sangat mahal. Ini saatnya Anda membuka usaha tanaman hias ini.

Baca Juga: Inilah Peluang Usaha Dagang di Desa yang Menguntungkan

Demikian pembahasan mengenai peluang usaha pertanian yang bisa Anda coba kerjakan sendiri. Semua usaha yang dilakukan harus dengan sungguh-sungguh dan kerja keras. Semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel