Begini Tahapan Memulai Usaha Laundry Rumahan yang Jitu

usaha-laundry-rumahan

Memulai usaha memang bukan suatu hal yang mudah. Pastinya banyak tantangan dan kendala yang bisa menimbulkan kekhawatiran serta keraguan untuk membangun usaha. Kebanyakan yang menjadi kendala orang dalam membuka usaha adalah modal. Modal yang terbatas terkadang membuat seseorang mengurungkan niatnya untuk membuka usaha.

Namun saat Anda terus berjuang, maka akan ada peluang terbuka. Apabila Anda tertarik membuka usaha sendiri, Anda dapat memulai jenis usaha yang tidak butuh modal yang besar. Salah satu contohnya membuka usaha laundry kiloan. Memulai usaha laundry kiloan dengan modal yang tidak lebih dari dua puluh juta.

Tahapan Memulai Usaha Laundry Rumahan

Jika Anda bingung harus mulai dari mana, berikut adalah beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk memulai usaha laundry, di antaranya:

1. Cari Lokasi Strategis dan Target Pasar

Pertama-tama Anda harus memilih lingkungan strategis dan tepat sasaran. Anda juga perlu untuk mempelajari gaya hidup lingungan yang menjadi target Anda. Apakah mereka keluarga muda, wanita karir, atau anak kos? Kemudian apakah mereka termasuk masyarakat modern yang tidak punya waktu untuk mencuci sendiri? Apakah lingkungan Anda dekat dengan kos-kosan, kampus, perkantoran dan pemukiman penduduk? Semua hal tersebut harus Anda perhatikan baik-baik agar usaha Anda berjalan lancar.

2. Buat Daftar Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Anda harus mencatat seluruh perlengkapan yang harus Anda beli sebagai modal pertama. Misalnya Anda perlu mesin cuci, setrika, mesin pengering pakaian, timbangan, rak, keranjang pakaian, pewangi pakaian, detergen, gantungan pakaian, plastik pakaian dan lainnya. Pastikan apa yang Anda butuhkan sudah tercatat semua dan hal tersebut bertujuan agar Anda dapat terhindar dari membeli perlengkapan yang tidak dibutuhkan.

3. Menghitung Pengeluaran Secara Seksama

Selanjutnya Anda perlu menghitung pengeluaran dengan cermat. Seperti Anda memperhitungkan
berapa biaya listrik dan air dalam sebulan. Kemudian tulis juga biaya untuk promosi. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah sudah butuh karyawan atau belum. Namun, jika Anda rasa masih belum membutuhkan karyawan jangan tergesa-gesa untuk mulai merekrut.

4. Menguasai Teknik Mencuci dan Menyetrika yang Baik

Teknik mencuci dan menyetrika sekilas terlihat mudah, namun ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus menggolongkan jenis pakaian, memisahkan pakaian warna putih, pakaian yang mudah luntur, pakaian dengan bahan khusus dan pakaian dengan bahan khusus. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan teknik mencuci dan menyetrika, jika tidak bisa saja merusak pakaian. Anda bisa kehilangan pelanggan.

5. Membuat Logo dan Nama Bisnis Laundry

Anda dapat membuat logo dan nama usaha yang menarik agar mudah diingat oleh orang. Jika suatu saat mereka membutuhkan jasa Anda, usaha Anda akan mudah diingat oleh pelanggan. Sehingga hal ini dapat menambah pelanggan Anda di kemudian hari.

6. Menghitung Biaya Jasa Pengambilan dan Pengantaran Pakaian

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan kendaraan dan orang yang dapat mengambil pakaian pelanggan yang akan dicuci serta mengantarkan pakaian yang sudah dicuci. Hal ini juga penting untuk dipikirkan agar usaha Anda lebih memudahkan para pelanggan dalam menggunakan jasa Anda.

Baca Juga: 5 Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan dengan Modal Kecil

7. Melakukan Promosi

Setelah semua sudah dipikirkan dengan matang, selanjutnya masuk pada bagian promosi. Anda dapat mencetak brosur yang menarik dengan promo harga yang menarik. Hal tersebut sebagai salah satu strategi pemasaran agar dapat menarik pelanggan. Setelah itu, Anda dapat menyebarkan brosur ke rumah-rumah dan komplek. Promosi juga dapat Anda lakukan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Bagian yang paling penting adalah anda harus melakukan promosi. Cetaklah brosur yang menarik dengan promo harga yang menggoda. Setelah itu sebar ke rumah-rumah dan komplek. Anda juga dapat mempromosikan bisnis laundry anda melalui media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuka usaha laundry rumahan, berikut ada beberapa peralatan dan perlengkapan serta biaya operasional yang bisa dijadikan gambaran memulai usaha Anda.

Peralatan Utama

  • Mesin Cuci
  • Mesin Pengering Pakaian 
  • Setrika 
  • Timbangan Pakaian 

Perlengkapan

  • Rak Kayu 
  • Meja dan Kursi 1 Set 
  • Hanger 
  • Plastik 
  • Detergen cair 10 botol 
  • Pewangi Pakaian 10 botol 
  • Pemutih Pakaian 10 botol 

Biaya Operasional

  • Biaya Listrik
  • Biaya Air 
  • Biaya Telepon 
  • Sewa Tempat 

Yang perlu diingat, Anda tidak perlu menghabiskan dana terlalu banyak pada tahap awal. Amati perkembangan usaha Anda. Apabila usaha Anda berjalan lancar dan mengalami peningkatan yang drastis, Anda dapat mulai mengembangkan usaha Anda menjadi lebih besar. Anda juga dapat memperbanyak peralatan seperti mesin cuci, alat pengering, dan setrika. Selain itu Anda juga dapat merekrut orang.

Baca Juga: Begini Memulai Usaha Puding Cup Rumahan yang Menguntungkan

Itulah beberapa hal mengenai usaha laundry rumahan yang dapat Anda lakukan. Semua usaha harus dilakukan dengan kerja keras dan keuletan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel