iklanheader

5 Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan dengan Modal Kecil

usaha-rumahan-di-bulan-ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu umat Islam. Bulan Ramadhan mempunyai banyak keistimewaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya. Pada bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat. Sehingga waktu yang sangat tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin dengan melakukan ibadah terbaik.

Meskipun sedang dalam kondisi lemas karena puasa, seluruh umat Islam harus menjalankan aktivitas seperti biasanya, bahkan harus lebih rajin menjalankan ibadah dengan baik. Selain itu, bulan Ramadhan juga menjadi saat yang pas untuk membuka usaha. Sambil melaksanakan ibadah puasa, Anda bisa menambah penghasilan dengan berjualan di rumah.

Untuk memulai usaha rumahan di bulan Ramadhan, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Pasalnya modal Anda bisa disesuaikan dengan jenis usaha apa yang akan Anda jual. Lalu usaha rumahan apa yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan?


Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

1. Menjual Takjil

Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, momen berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Seringkali kita pernah melihat banyak stand-stand makanan di pinggir jalan saat siang sampai menjelang berbuka puasa. Karena biasanya pada saat-saat tersebut, orang-orang akan mencari makanan takjil untuk berbuka puasa.

Situasi ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha di rumah atau di pinggir jalan. Modal untuk mulai usaha ini pun bisa berkisar antara 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Jika Anda bingung makanan apa yang cocok untuk menu takjil, berikut di antaranya:

Kurma
Belum lengkap rasanya jika berbuka puasa belum mencicipi kurma. Buah ini biasanya menjadi makanan favorit yang paling banyak dicari orang. Sehingga menjual kurma menjadi pillihan tepat untuk usaha Anda di bulan Ramadhan. Buah dari Arab ini pun tergolong tahan lama dan awet. Jadi Anda tidak perlu khawatir busuk atau basi.

Baca Juga: 8 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Booming

Kolak 
Makanan khas selanjutnya saat berbuka puasa adalah kolak. Makanan ini sangat digemari banyak orang saat bulan puasa. Ada banyak macam kolak yang bisa Anda pilih untuk dijual, ada kolak pisang, kolak ubi dan lain sebagainya. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Selain bahan dasar kolak seperti ubi dan pisang, Anda juga memerlukan gula aren dan santan.

Jajanan Tradisional
Selanjutnya menu yang paling banyak dicari saat bulan puasa adalah jajanan tradisional. Ada banyak jenis jajanan tradisional di Indonesia misalnya, onde-onde, kue serabi, klepon, bika ambon, lemper, dan masih banyak lagi. Jika Anda bingung bagaimana cara membuatnya, Anda bisa mencarinya di internet.

Gorengan 
Semua kalangan pasti tahu dengan makanan yang satu ini. Makanan ini dapat dikonsumsi sebagai cemilan maupun sebagai lauk. Aneka gorengan yang bisa Anda coba untuk dijual seperti tahu isi, bakwan, tempe goreng, pisang goreng, risoles, kroket dan lain sebagainya.

Buah-buahan
Setelah menjalani ibadah puasa, buah menjadi pilihan yang tepat. Karena buah memiliki manfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap segar. Beberapa jenis buah yang bisa dibilang laris selama bulan Ramadhan adalah apel, jeruk, anggur, pisang, semangka, pepaya, pir, kolang-kaling, buah kelapa dan buah naga, serta masih banyak lagi.

2. Menjual Lauk Pauk
Terkadang sebagian orang saat berpuasa mungkin ada yang tidak sempat untuk memasak sendiri. Biasanya bagi mereka yang hidup sendiri pun seperti anak kos, anak kerja yang tinggal sendiri, akan mencari makanan yang siap untuk dikonsumsi. Maka ini menjadi peluang bagi Anda untuk membuka usaha menjual lauk pauk saat menjelang berbuka puasa.

3. Menjual Aneka Minuman 
Selain makanan, orang-orang pun akan mencari minuman yang segar untuk melepas dahaga setelah berpuasa seharian. Minuman yang manis dan segar sangat cocok untuk berbuka puasa. Sehingga menjual aneka macam minuman bisa menjadi pilihan usaha di bulan Ramadhan. Berikut beberapa minuman yang paling banyak dicari, misalnya es teh manis, es buah, sop buah, es kelapa muda, es cendol, es tahu, es kacang ijo dan masih banyak lagi.

4. Menjual Jus buah
Berbuka puasa memang paling enak dengan minuman yang segar dan manis. Jus buah menjadi alternatif minuman yang pas untuk Anda coba jual. Anda juga bisa memadukan aneka minuman lain untuk dijual. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Hanya kisaran 500 ribu sampai 2 juta untuk membuka usaha minuman.

5. Menjual Es Krim
Kemudian usaha selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menjual es krim. Biasanya saat sore banyak orang ngabuburit pada bulan puasa. Tidak ada salahnya Anda menjual es krim di pinggir jalan atau di rumah sambil menunggu waktu adzan tiba.

Baca Juga: Peluang Usaha Minuman Dingin Paling Kekinian dan Hits

Itulah beberapa usaha rumahan di bulan Ramadhan yang bisa Anda coba. Syukur-syukur usaha yang Anda rintis pada bulan Ramadhan ini bisa terus berlanjut sampai setelah Ramadhan. Yang paling penting, usaha yang Anda lakukan saat bulan puasa jangan sampai membuat ibadah menjadi terganggu tapi tetap mengutamakan ibadah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel