8 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Booming

usaha-rumahan-yang-lagi-trend

Masuk dalam dunia bisnis atau usaha memang terlihat sangat menggiurkan. Apalagi jika melihat orang-orang yang sudah berhasil menjadi sukses dengan usahanya. Hal tersebut akan menambah kemauan dalam diri seseorang untuk membuka usaha atau bisnis. Memang saat ini persaingan dunia usaha sudah semakin ketat. Namun, didukung pula dengan prospek yang menjanjikan.

Bagi Anda yang tertarik masuk dunia usaha mungkin akan merasa kebingungan untuk memilih usaha apa yang cocok. Bukan hanya cocok tetapi juga memiliki prospek yang bagus dan menjanjikan. Untuk itu, jika Anda orang yang baru akan memulai usaha, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa jenis usaha yang sedang trend.

Salah satu usaha yang sedang trend di antaranya yakni usaha rumahan. Usaha ini sangat cocok apabila Anda seorang yang ingin memiliki usaha sambil mengurusi keluarga di rumah. Anda dapat leluasa mengontrol usaha Anda kapanpun. Kini, usaha rumahan dapat dilakukan dengan memanfaatkan internet. Hal tersebut juga dapat membantu perekonomian.

Usaha Rumahan yang Lagi Trend 


Lalu apa saja usaha rumahan yang sedang trend saat ini? Berikut usaha rumahan yang lagi trend dan booming, di antaranya:

1. Menjual Produk Secara Online

Sudah tidak diragukan lagi, sekarang ini semua aktivitas dapat dilakukan menggunakan  internet termasuk usaha rumahan. Semua orang berpeluang memiliki usaha online dengan adanya internet. Bahkan mereka yang tinggal di desa pun memiliki kesempatan yang sama, apalagi mereka yang tinggal di kota atau hanya di pinggiran kota.

Produk yang dijual di online ada dua jenis yakni berbentuk fisik dan digital. Kedua jenis produk online ini dijual dengan cara yang berbeda. Jika produk berupa fisik akan dijual dengan sistem reseller, dropship dan affiliate. Sedangkan produk digital akan dijual dengan sistem affiliate saja.
Untuk berjualan online dapat memanfaatkan situs-situs marketplace dan media sosial, misalnya Tokopedia, Bukalapak, Instagram, Facebook dan masih banyak lagi.

2. Jual Jasa Secara Online

Apabila tadi sudah dibahas mengenai menjual produk fisik dan digital secara online, kali ini Anda dapat menjual jasa secara online juga. Jika Anda mempunyai keahlian pada bidang tertentu Anda bisa mencobanya. Adapun jasa yang dapat Anda tawarkan adalah jasa menulis artikel, membuat website/ blog, membuat desain logo, mengurus website, desain grafis dan lain sebagainya.

3. Jasa Payment Point Online Bank (PPOB)

Usaha atau bisnis PPOB sudah booming dan banyak diminati oleh masyarakat. Bisnis ini banyak jasa yang ditawarkan seperti membayar cicilan kendaraan, membayar tagihan TV kabel, membayar tagihan internet, pulsa listrik, tagihan PDAM, pembayaran berbasis online perbankan dan lain sebagainya. Modal untuk memulai usaha ini pun tidak terlalu besar. Anda hanya perlu memiliki software PPOB, komputer atau laptop dan juga koneksi internet stabil. Anda dapat mulai mencari usaha PPOB yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Bisnis Jilbab

Saat ini, para muslimah sudah banyak menggunakan jilbab dalam kesehariannya. Usaha ini dinilai sangat menjanjikan. Jika Anda ingin mulai bisnis jilbab ini, Anda bisa menjadi reseller, dropship atau mungkin Anda dapat membuka sendiri bisnis jilbab. Anda perlu survei bahan dan konveksi. Lalu Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai pasar penjualan bisnis Anda.

5. Youtubers

Sekarang ini banyak orang yang mendadak terkenal karena memposting video di YouTube. Bukan hanya menjadi terkenal, tetapi Anda juga bisa meraup keuntungan yang fantastis dan bisa dijadikan bisnis yang bagus. Anda hanya perlu mengupload video yang sesuai dengan selera Anda dengan memperhatikan nilai-nilai masyarakat dan berkualitas di channel YouTube. Anda akan mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah viewers dari video yang anda upload tersebut.

6. Bisnis Kuliner Kekinian

Bisnis kuliner juga menjadi bisnis rumahan yang dinilai menjanjikan. Bisnis kuliner ini bukanlah kuliner biasa. Anda harus menampilkan makanan yang berbeda dari biasanya dan unik. Contoh bisnis kuliner kekinian yang lagi nge-hits, di antaranya martabak pizza, banana nugget dan olahan mangga.

7. Jasa Laundry

Semakin kesini bisnis laundry semakin banyak peminatnya. Hampir semua orang tentu bisa menjalankan usaha rumahan ini, ibu rumah tangga, anak muda, hingga mahasiswa. Pasar bisnis laundry pun sangat luas. Apalagi kalau di kota-kota besar. Biasanya bisnis laundry banyak dibutuhkan para mahasiswa. Sehingga bisnis ini cocok dijalankan di sekitar kampus. Nah, jika tempat tinggal Anda dekat dengan kampus maka usaha ini sangat potensial untuk Anda laksanakan.

8. Bisnis Properti dari Rumah

Dulu bisnis ini dijalankan secara offline. Namun sekarang bisnis ini dapat dijalankan secara online lho dengan memanfaatkan media internet. Meski terkadang agak sulit untuk dijalankan, namun potensi keuntungan dari bisnis ini sangat menjanjikan. Mengapa tidak Anda coba untuk jalankan bisnis properti ini.

Baca Juga: 7 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa yang Patut Dicoba

Demikianlah ulasan kami mengenai delapan usaha rumahan yang lagi trend dan booming. Semoga bermanfaat. Salam dari kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel