iklanheader

10 Ide Usaha Snack Rumahan yang Mudah dan Menguntungkan

usaha-snack-rumahan

Hampir setiap orang tentu ingin memiliki usaha rumahan. Selain untuk mengisi waktu luang di rumah, usaha rumahan pun dapat memberikan penghasilan tambahan. Menjalankan usaha memang tidak selalu mudah. Pasti ada kendala saat mengerjakannya. Namun, terkadang beberapa orang merasa bingung apa jenis usaha yang dapat dilakukan dan memiliki peluang yang menghasilkan.

Salah satu usaha yang memberikan peluang menguntungkan adalah usaha snack rumahan. Meskipun usaha ini tergolong usaha kecil, namun usaha ini memerlukan pengelolaan yang baik agar dapat bertahan lama. Agar usaha dapat bertahan lama, Anda harus selalu berkreasi dan berinovasi terhadap produk yang Anda jual. Tentu tujuannya agar pelanggan tidak bosan dan menjadi pelanggan tetap.

Usaha Snack Rumahan

Usaha snack rumahan dapat berpotensi sebagai usaha yang menguntungkan apabila dijalankan dengan penuh keuletan. Nah, ada beberapa jenis snack yang bisa Anda jual sebagai usaha rumahan Anda, berikut di antaranya:

1. Permen Coklat

Permen coklat dapat menjadi usaha snack yang menguntungkan. Sasaran pasar permen coklat bisa anak kecil dan remaja. Membuat permen coklat pun terbilang mudah. Anda dapat membeli coklat batangan di toko bahan makanan. Lalu, coklat tersebut dimasak sampai meleleh. Agar lebih menarik dan kreatif, Anda bisa menambahkan varian rasa dan dicetak dengan bentuk unik.

2. Kacang Bawang

Makanan ringan ini laris manis jika dijual di warung atau swalayan. Apalagi saat menjelang lebaran banyak orang mencari snack kacang bawang ini. Bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan, Anda dapat mencoba usaha yang satu ini.

Cara membuat kacang bawang pun mudah. Pertama kacang yang sudah dikupas kemudian direndam dengan air garam dan bawang yang sudah halus. Rendam bahan tersebut selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, goreng dengan bawang putih iris dalam minyak yang panas.

3. Keripik Singkong

Cemilan satu ini sangat melegenda dan tetap ada. Sehingga tidak heran jika kripik singkong ini dijadikan makanan ringan favorit. Cemilan ini pun dapat dimakan kapan saja dan bisa sebagai pengganti kerupuk.

Membuat kripik singkong tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu pisau tajam untuk memotong batang singkok yang keras. Agar menghasilkan keripik yang renyah, singkong harus diiris tipis lalu direndam dengan air garam dan bawang purih. Kemudian, digoreng dalam minyak yang panas. Setelah itu, keripik singkong tiriskan agar minyak hilang. Lalu masukkan kripik dalam plastik setelah dingin.

4. Lanting

Lanting ini terbuat dari singkong. Meskipun makanan ini sudah sangat melegenda, namun saat ini lanting masih banyak peminatnya. Selain bisa langsung dikonsumsi, makanan yang berbentuk cincin ini bisa dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat makan.

Lanting biasanya dijadikan oleh-oleh dari daerah Kebumen, Pringsewu dan lain-lain. Jika Anda tertarik ingin membuka usaha ini, tidak ada salahnya jika menjual lanting dengan bungkus kecil yang harga per bungkusnya seribu rupiah.

5. Keripik Bawang

Keripik bawang biasanya dijadikan sebagai pengganti kerupuk dan pelengkap saat makan. Banyak pula yang menjadikan kripik bawang sebagai makanan ringan. Apabila Anda berniat membuka usaha ini, Anda dapat menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Begini Memulai Usaha Puding Cup Rumahan yang Menguntungkan

Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan tepung terigu, dua butir telur, garam, bawang putih dan bawang bombang yang sudah dihaluskan, mentega yang dicairkan dan air secukupnya. Lalu, semua bahan tadi digoreng dengan minyak yang panas. Setelah itu, masukkan dalam plastik ketika keriping sudah dalam keadaan dingin.

6. Usus Crispy

Seperti namanya, makanan ringan satu ini terbuat dari usus ayam. Untuk membuatnya Anda harus mengukus usus ayam terlebih dahulu. Kemudian tambahkan terigu, tepung beras, bumbu halus (kemiri, bawang putih, merica dan penyedap rasa, dan garam). Setelah itu goreng hingga crispy.

7. Bolu Ngakak

Bagi pecinta bolu, tentu nama cemilan satu ini tidak terdengar aneh. Berbeda dengan mereka yang baru mengenal bolu ngakak ini. Bolu ini sebenarnya adalah bolu kukus yang sangat mekar. Mengapa disebut bolu ngakak? Itu karena bentuknya yang mirip seperti orang tertawa terbahak-bahak. Membuat bolu ini pu bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan brownies atau bolu lainnya. Untuk membuatnya juga tanpa menggunakan mixer cukup dengan kocokkan biasa.

8. Rempeyek Kacang

Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kacang. Biasanya dapat ditemukan dengan mudah di warung makan. cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan mencampurkan tepung beras, telur, santan, kacang dan beberapa lembar daun jeruh yang sudah diiris. Sebelum digoreng adonan tersebut ditambahkan bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah dan kemiri sangrai. Lalu, digoreng dengan minyak yang panas.

9. Makaroni

Makaroni saat ini sudah menjadi primodona bagi semua kalangan. Dengan harga yang murah namun berkualitas tinggi, makanan ini makanan yang paling dicari orang. Biasanya cemilan ini dibuat menjadi makanan super pedas yang dalam keadaan basah (berkuah) maupun kering karena digoreng. Anda dapat membuatnya dengan menggoreng makaroni yang sudah Anda beli. Kemudian membungkusnya dalam plastik, namun sebelum itu Anda harus menambahkan bumbu agar makaroni menjadi lebih sedap.

10. Singkong Keju

Cemilan yang dapat dijadikan sebagai usaha rumahan selanjutnya adalah singkong keju. Singkong sebelum berpadu dengan keju pun sudah menjadi cemilan yang digemari banyak orang. Apalagi jika dipadukan dengan keju yang memiliki citarasa menarik.

Untuk cara membuatnya pun dengan cara mengukus singkong sampai menjadi agak empuk dan berwarna kering. Lalu, angkat dan tambahkan bumbu halus (bawang putih dan garam). Rendam singkong dengan bumbu hingga beberapa saat dan kemudian goreng kembali. Goreng hingga singkong garing dan taburkan dengan keju parut.

Baca Juga: 5 Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan dengan Modal Kecil

Itulah beberapa ide usaha snack rumahan yang dapat Anda coba di rumah. Anda dapat menggunakan kemasan yang menarik dan unik agar dapat menarik perhatian orang untuk membeli. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel