iklanheader

Langkah Mudah Menjadi Moderator Presentasi yang Baik dan Benar

moderator-presentasi

Moderator presentasi - Dalam sebuah presentasi ada yang bertugas sebagai moderator. Moderator ini memiliki peran yang cukup penting agar presentasi dapat berjalan lancar. Pasalnya moderator ini bertugas mengatur jalannya presentasi mulai dari pembukaan sampai penutupan presentasi. Selain itu, moderator juga mengatur waktu sampai mengatur jalannya sesi tanya jawab dalam presentasi. Sehingga menjadi moderator merupakan tugas yang harus dijalankan dengan baik dan sungguh-sungguh.

Sebelum memulai presentasi, ada beberapa yang harus dipersiapkan oleh moderator agar moderator dapat bertugas dengan baik. berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh moderator, di antaranya:

Pahami Materi Presentasi

Meskipun hanya bertindak sebagai orang kedua, moderator perlu memahami presentasi. Hal ini bertujuan agar moderator dapat sejalan dengan apa yang akan disampaikan oleh pemateri presentasi. Sehingga dapat terlihat keselarasan oleh para audiens. Jika Anda akan menjadi seorang moderator, Anda dapat meminta makalah pembicara atau pemateri kepada panitia minimal sehari sebelumnya.

Anda dapat mempelajari dan memahami apa yang akan disampaikan pemateri. Dengan memahami materi pemateri, seorang moderator dapat memiliki gambaran apa yang akan dibicarakan bahkan bisa menjadikannya kesimpulan sementara moderator.

Mengenal Pemateri atau Pembicara

Jika Anda belum mengenal pemateri, Anda sebagai moderator bisa meminta biodata pemateri ke panitia. Sehingga saat di lokasi presentasi, Anda mempunyai bahan obrolan atau sekadar basa-basi buat mencairkan suasana dengan pemateri.

Kenali Siapa Audiens

Hal ini perlu Anda persiapkan untuk menentukan gaya bicara yang akan Anda sampaikan, pilihan kata bahkan pilihan busana yang akan Anda kenakan saat menjadi moderator dalam seuah presentasi.

Jangan Menjadi Saingan Pembicara

Ingat, Anda adalah seorang moderator. Lakukan sesuai dengan porsi tugas Anda. Jangan sampai Anda menjadi pesaing pemateri dengan menjadi pemateri tambahan. Jangan pula memberikan kesan moderator mendominasi presentasi.

Baca Juga: Contoh Pembukaan Presentasi yang Baik dan Menarik

Persiapan ini dapat Anda lakukan untuk menunjang peran Anda sebagai moderator presentasi maupun dalam sebuah acara lainnya. Memang menjadi moderator presentasi dapat dilakukan lebih fleksibel. Namun tidak ada salahnya Anda melakukannya dengan persiapan yang matang. Selain menambah pengalaman, Anda juga bisa sambil menambah pengetahuan.

Secara umum tugas pokok seorang moderator adalah sebagai berikut:

Membuka sesi diskusi atau presentasi.
Mengenalkan dan menggambarkan topik diskusi/presentasi.
Mengundang pembicara ke depan
Mengenalkan pembicara (introducing the speaker)
Meyilakan pembicara mulai berbicara
Memberikan komentar/review singkat tentang yang baru disampaikan narasumber
Mengatur jalannya diskusi (sesi tanya-jawab)
Memperjelas pertanyaan

Cara Menjadi Moderator Presentasi


Setelah mempersiapkan menjadi moderator, dalam menjalankan tugasnya ada beberapa hal yang harus dilakukan seorang moderator saat kegiatan presentasi. Berikut di antaranya:

1. Ucapan Selamat Datang Peserta

Anda sebagai moderator harus membuat kesan yang menyenangkan dihadapan para audiens. Selain itu, agar Anda mendapatkan kesan bahwa Anda seorang moderator yang baik. Berikut contoh kalimat ucapan selamat datang untuk peserta kegiatan presentasi:

Selamat datang bagi para eksekutif muda yang hadir dalam kegiatan presentasi yang menarik ini dan dilaksanakan di gedung yang juga ekslusif, yaitu…..

2. Uraian Singkat Latar Belakang dan Tujuan Presentasi

Anda bertugas untuk berusaha membuat audiens merasa tertarik dengan topik atau materi presentasi. Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menceritakan latar belakang dan tujuan presentasi tersebut. Anda dapat mempersiapkan hal ini minimal sehari sebelumnya agar terkesan Anda menjadi seorang moderator yang profesional. Moderator harus berusaha agar topik yang disajikan itu seolah-olah merupakan hal yang penting, up to date sekaligus dekat dengan kehidupan keseharian peserta.

Berikut contoh kalimat singkat mengenai latar belakang dan tujuan presentasi untuk peserta kegiatan presentasi:

Diskusi yang menarik ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan kita pada……..Oleh karena itu, diskusi kita hari ini akan bertujuan untuk…..

3. Perkenalan Pemateri dan Tema Presentasi

Ketika memperkenalkan pemateri, Anda sebagai moderator mengupayakan agar audiens merasa yakin dengan kualitas dan kapabilitas sang pemateri atau penyaji kegiatan presentasi. Sehingga perlu Anda memahami latar belakang pemateri dengan mengetahui biodata singkatnya. Berikut contoh kalimat perkenalan pemateri dan tema presentasi kepada peserta kegiatan presentasi:

Untuk menyemarakkan kegiatan presentasi, sengaja kami undang seorang pakar…….bernama…….beliau lahir di…….jabatan yang pernah disandangnya adalah…..Dan hari ini Beliau telah siap dengan makalahnya yang bertajuk…………..Untuk memperlancar kegiatan presentasi kali ini, saya (nama modertor) akan berusaha memandu acara sampai selesai….

4. Penentuan Waktu dan Mekanisme Tanya Jawab

Anda sebagai moderator bertugas untuk mengatur waktu presentasi dan sesi tanya jawab, yang didalamnya termasuk waktu serta jumlah sesi yang akan direncanakan. Berikut contoh kalimat ucapan untuk menentukan waktu dan sesi tanya jawab kepada peserta kegiatan presentasi:

Agar diskusi kita berjalan dengan lancar, maka penyaji akan kita persilakan untuk menyajikan makalahnya selama…..menit. Sedangkan untuk sesi tanya jawab akan kita beri waktu selama……menit, setelah Bapak…….menyajikan makalahnya.

5. Mengundang Pembicara Menyajikan Presentasi

Berikut contoh kalimat untuk mengundang pembicara atau pemateri kepada peserta kegiatan presentasi:

Saya persilakan pakar kita, Bapak…..menyajikan makalahnya……

6. Rangkuman Umum Inti Presentasi Penyaji

Biasanya moderator menyampaikan rangkuman presentasi pada bagian paling akhir dari presentasi. Namun tidak ada salahnya moderator menyampaikan kesimpulan setelah pembicara menyajikan makalah. Hal ini bertujuan untuk menarik peserta untuk mengajukan pertanyaan. Berikut contoh kalimatnya:

Demikianlah sajian yang menarik dari Bapak……Sajian tadi saya yakin akan merangsang kita untuk berfikir arti pentingnya…… Jalan keluar yang ditawarkan antara lain adalah………….

7. Mengundang Pendengar untuk Bertanya

Sebaiknya sesi tanya jawab dibagi dalam beberapa sesi dengan satu sesi maksimum 3 penanya. Contoh kalimatnya:

Untuk memperjelas makalah yang telah disajikan, kami undang Bapak dan Ibu untuk memberikan pertanyaan. Untuk kesempatan pertama, kami akan buka termin pertama dengan 3 penanya…..Mohon Bapak – Ibu menyebutkan nama dan asal instansi sebelum mulai bertanya…..serta mohon agar pertanyaan yang diberikan singkat, tepat sasaran. Kami persilakan…..

8. Ucapan Terimakasih kepada Penyaji dan Pendengar

Anda sebagai moderator harus menyampaikan ucapan terimakasih dengan amah, tulus dan penuh senyum. Contoh kalimatnya:

Terima kasih atas Bapak…..yang telah sudi membagi sedikit pengalamannya pada acara diskusi hari ini…..Rasa terimakasih juga saya sampaikan kepada para hadirin sekalian, utamanya atas partisipasi aktif selama diskusi berlangsung….

9. Moderator Menutup Presentasi

Tutup dengan ucapan yang bersemangat atau kalimat-kalimat yang bernada optimis atas pemecahan masalah yang telah didiskusikan. Contoh kalimatnya:

Kita tutup diskusi kita hari ini dengan ucapan Semoga Indonesia tetap maju…..serta tepuk tangan untuk kita semua……

Baca Juga: 6 Cara Penutup Presentasi yang Baik dan Berkesan

Demikianlah pembahasan mengenai cara menjadi moderator presentasi yang baik yang dapat Anda praktekkan saat akan menjadi moderator. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel