Beranda » Education » Cara Melihat Letak NOMOR Ijazah S1, D3, SMA, SMP

Cara Melihat Letak NOMOR Ijazah S1, D3, SMA, SMP

Letak Nomor Ijazah – Anda bingung dimana letak tanggal ataupun nomor ijazah? Apa bedanya antara tanggal ijazah dengan tanggal lulus? Nah, di postingan ini, indorsie akan memberikan informasi detil mengenai hal ini.

Mengecek letak nomor ijazah banyak diajukan oleh calon pegawai atau pegawai saat mengisi registrasi pendaftaran dan PUPNS.

Biasanya, dalam proses pendaftaran maupun penginputan data, tidak sering selalu harus dituliskan tahun lulus dan nomor-nomor ijazah.

Cara Melihat Letak Nomor Ijazah & Tanggal Ijazah

Untuk memberikan informasi mengenai nomor dan tanggal ijazah, berikut ini beberapa contoh ijazah yang telah kami tandai letak nomor ijazahnya dimana.

Nomor Ijazah S1

Berikut ini salah satu contoh ijazah S1 dari Universitas Hasanuddin (Unhas) beserta penjelasan letak nomor ijazah dan tanggal ijazahnya.

nomor-ijazah-s1

Pada gambar di atas, dapat diketahui bahwa Nomor Ijazah S1 ini adalah 118993-H4-D/13919-411-2009. Nomor ini berada disudut kiri atas.

Untuk tanggal ijazah berada pada bagian akhir, dengan kalimat diberikan di Makassar pada tanggal 14 Mei 2009. Penulisan 14 Mei 2009 itulah yang disebut dengan tanggal ijazah. Tanggal dimana ijazah tersebut diterbitkan oleh universitas.

Beda dengan tanggal lulus. Tanggal lulus adalah tanggal ketika menghadapi ujian skripsi dan dinyatakan lulus. Kadang di ijazah tidak ditampilkan dan kadang pula ditampilkan.

Contoh Ijazah S1 Universitas Diponegoro (Undip)

tanggal-ijazah-s1



Contoh ijazah S1 Undip di atas, agak berbeda dengan ijazah S1 umumnya. Pada gambar terlihat terdapat dua nomor universitas dan nomor fakultas. Untuk nomor ijazah Undip bisa menggunakan nomor universitas saja, pada gambar di atas bisa menggunakan 2179.

Selain menampilkan nomor ijazah, di ijazah tersebut juga ditampilkan tanggal lulus. Tanggal lulus pada contoh ijazah di atas adalah 25 Mei 2016.

Untuk tanggal ijazah berada pada bagian akhir yaitu 8 Agustus 2016.

Nomor seri ijazah merupakan validasi utama untuk mengetahui keaslian dan kepalsuan ijazah. Dokumen ijazah hanya bisa dicetak sekali. Kesalahan pada objek ijazah (nomor, nama, atau gelar) harus membuat surat pengganti. Untuk lebih jelasnya, tonton video ini.

Jika ingin mengeceknya apakah benar keabsahannya, bisa dibaca: Cek Nomor Ijazah via Forlap dan Sivil Ristekdikti

Baca juga

Nomor Ijazah D3

Bentuk ijazah antara S1 dan D3 tentu berbeda. Namun perbedaan tersebut tidaklah terlalu signifikan. Berikut ini salah satu contoh nomor ijazah D3 Ahli Madya Analisis Farmasi dan Makanan.

letak-nomor-ijazah-D3
Untuk nomor ijazah D3 di atas, berada pada sudut kanan atas. Nomor ijazahnya adalah 004111. Untuk tanggal ijazah yaitu 28 Juli 2009.

Nomor Ijazah SMA

Berikut ini salah satu contoh gambar ijazah SMA beserta letak nomor ijazahnya.

nomor-ijazah-sma

Nomor seri ijazah SMA pada gambar di atas adalah DN-30 Ma 0501788. Arti kode tersebut adalah DN-30 menandakan “kode penerbitan”, Ma merupakan “kode jenjang pendidikan” (yakni MA), dan 0501788 memiliki arti “nomor seri setiap pemilik ijazah“.

Nomor Ijazah SMP

Cara melihat nomor seri ijazah SMP sebenarnya hampir mirip dengan ijazah SMA. Untuk memudahkan anda dalam mencari dimana letak nomor ijazah SMP, berikut ini salah satu contoh ijazah SMP (gambar di bawah).

dimana-letak-nomor-ijazah-smp

Untuk tanggal ijazah SMP pada gambar di atas ditunjukkan pada kolom merah, yaitu 29 Juni 2005. Penulisan tempat, tanggal, dan tahun penerbitan ijazah biasanya menggunakan aturan; nama Kabupaten/Kota, tanggal (2 digit), dan bulan ditulis dengan menggunakan huruf (tidak boleh disingkat) yang disesuaikan dengan tanggal pengumuman kelulusan.

Sementara itu, untuk nomor ijazah SMP berada pada bagian paling bawah, yakni DN-14 DI 1961809.

Sistem kode nomor ijazah SMA, SMP, dan SD biasanya memiliki arti. Misalnya pada contoh di atas, DN menandakan Dalam Negeri, untuk luar negeri biasanya menggunakan kode LN. Angka 14 setelah DN menandakan provinsi.

Untuk kode DI menandakan jenjang pendidikan, dan angka 1961809 adalah nomor seri ijazah.

Lihat juga: Nomor SKHUN SD, SMP, dan SMA

Cara Cek Nomor Ijazah Online

Untuk memastikan bahwa nomor ijazah yang berada di ijazah anda, bisa dipermudah dengan cara mengecek nomor ijazah online.

Cara cek nomor ijazah online dilakukan di Sivil Ristekdikti. Caranya kunjungi situs resmi dikti pada halaman: https://ijazah.ristekdikti.go.id/

Silahkan lengkapi proses verifikasi dengan melengkapi formulir verifikasi.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara melihat nomor ijazah S1, D3, SMA dan SMP yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga dengan artikel ini memudahkan anda untuk mengetahui dimana letak nomor dan tanggal ijazah.

Pertanyaan Seputar Nomor Ijazah

Dimana letak ijazah Madrasah Aliyah?

Nomor ijazah lulusan Madrasah Aliyah terletak di sebelah kanan bawah. Biasanya diawali kode MA.

Nomor ijazah s1 yang mana?

Pada ijazah S1, letak penomoran ijazah biasanya terletak pada bagian atas kanan, misalnya pada gambar di atas yang diberi lingkaran merah.

Nomor SKL yang mana?

Nomor SKL (Surat keterangan Lulus) atau ijazah sementara berada pada bagian atas tengah, seperti gambar di bawah ini.nomor SKL surat keterangan lulus

2 pemikiran pada “Cara Melihat Letak NOMOR Ijazah S1, D3, SMA, SMP”

Tinggalkan komentar

/* */