6 Cara Penutup Presentasi yang Baik dan Berkesan

penutup-presentasi

Sama seperti pembukaan, penutup presentasi juga harus berkesan bagi audiens. Pada bagian ini merupakan kesempatan terakhir agar presentasi Anda dapat diingat oleh audiens. Orang-orang cenderung mengingat dengan baik sebuah informasi yang disampaikan pada bagian awal dan akhir. Inilah sebabnya penutup presentasi harus direncanakan dengan baik oleh Anda.

Penutup presentasi yang paling umum atau yang sering Anda dengar adalah:

“Kita sudah sampai di bagian akhir presentasi, ada yang ingin ditanyakan?”

Penutup Presentasi

Sebaiknya Anda harus menghindari penutup presentasi dengan pertanyaan seperti di atas. Kalaupun ada sesi tanya jawab, bisa dilakukan sebelum menutup presentasi. Presentasi yang sudah Anda sampaikan bisa tidak berkesan dalam benak audiens. Lalu bagaimana cara agar penutup presentasi menjadi berkesan bagi para audiens? Nah, berikut ada beberapa cara penutup presentasi yang baik dan berksesan, di antaranya:

1. Buat Ringkasan Poin Penting yang Telah Disampaikan

Selama presentasi tentu Anda menyampaikan poin-poin penting kepada audiens mengenai topik yang Anda bahas. Nah, tidak menutup kemungkinan pada akhir presentasi audiens lupa dengan poin-poin yang sudah Anda sampaikan. Oleh karena itu, Anda bisa mengingatkan kembali kepada audiens pada bagian penutup presentasi. Anda buat ringkasan dari bagian penting dan sampaikan kembali kepada audiens. Contoh kalimat penutup presentasinya sebagai berikut:

Kita telah sampai di bagian akhir presentasi. Selama presentasi, saya telah membahas pentingnya sikap positif dan bagaimana membangun serta mempertahankan sikap positif tersebut. Jadi, ini bukanlah sesuatu yang sulit. Hanya butuh 7 langkah untuk dapat membangun dan mempertahankan sikap positif. Dan seterusnya. 

2. Ingatkan Mengapa Hal Itu Penting Bagi Audiens

Mengajak audiens melakukan sesuatu setelah presentasi adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam presentasi. Sehingga Anda perlu mengingatkan kembali mengenai apa yang sudah disampaikan saat presentasi dan mengajak audiens untuk melakukan hal yang baik mengenai topik yang sudah dibahas.

Contoh kalimat penutup presentasi pada bagian ini adalah:

Sebelum mengakhiri presentasi, saya ingin kembali mengingatkan pentingnya menerapkan konsep 5 R di lingkungan kerja Anda. Dengan menerapkan konsep 5R diharapkan akan tercipta lingkungan kerja yang selalu bersih, rapi, dan nyaman sehingga mampu mendukung terciptanya tingkat efisiensi dan produktivitas kerja yang tinggi. Salah satu kalimat tantangan yang terkenal adalah apa yang diucapkan oleh John F. Kennedy. Jangan tanya apa yang bisa negara lakukan untukmu, tapi bertanyalah apa yang bisa kamu lakukan untuk negaramu.

3. Menjawab Pertanyaan Saat Pembukaan

Apakah Anda membuka presentasi dengan suatu pertanyaan? Jika iya, maka Anda harus menjawab pertanyaan yang sudah Anda ajukan di akhir presentasi.  Jangan sampai Anda tidak menjawab pertanyaan tersebut, karena hal ini akan membuat audiens bingung.

Misalnya, Anda menyampaikan presentasi tentang apa saja yang bisa dilakukan melalui PowerPoint. Saat pembukaan presentasi, Anda mengajukan pertanyaan “Apa saja yang bisa Anda lakukan menggunakan PowerPoint? Dalam presentasi ini, saya akan menunjukkan kepada Anda kemampuan luar biasa yang dimiliki PowerPoint yang bisa Anda gunakan untuk membuat slide presentasi yang efektif dan memikat.”

Selama presentasi Anda tentu sudah menguraikan secara panjang lebar jawaban dari pertanyaan tersebut di atas. Sehingga pada akhir presentasi Anda bisa mengulang kembali jawaban terhadap pertanyaan itu untuk mengingatkan audiens.

Contoh kalimat penutup presentasinya sebagai berikut:

Nah, jawaban atas pertanyaan saya di awal presentasi, berikut ini yang bisa Anda lakukan sekarang. 

4. Gunakan Quote / Kutipan

Jika Anda memilih menutup presentasi dengan menggunakan quote atau kutipan, maka pastikan juga quote tersebut sesuai dengan topik presentasi yang Anda bahas. Misalnya, Anda presentasi di hadapan teman-teman kantor mengenai target-target yang harus dicapai di tahun mendatang. Anda bisa menggunakan quote dari orang-orang terkenal untuk melecut semangat mereka mengejar target tersebut.

Baca Juga: Begini Membuat Surat Pengunduran Diri Guru Sederhana dan Sopan

Anda melakukan presentasi tentang Sukses Meraih Impian, maka Anda bisa menutup presentasi Anda dengan kutipan berikut ini:

“Sebagai penutup saya ingin mengutip pernyataan dari Walt Disney. Ia mengatakan ”Semua impian pasti bisa Anda wujudkan jika Anda memiliki keberanian untuk mengejar mereka. Artinya, jika Anda punya impian maka genggam impian tersebut, yakini dan kejar. Percayalah bahwa impian Anda pasti bisa Anda wujudkan.”

5. Ajakan untuk Bertindak

Cara ini merupakan salah satu cara yang dinilai paling persuasif digunakan akhir presentasi untuk mempengaruhi audiens. Anda harus tahu audiens yang datang dalam presentasi telah meluangkan waktu mereka untuk mendengarkan kita. Mereka datang karena ingin meningkatkan pengetahuan mereka, meningkatkan keterampilan mereka, mendapatkan solusi terbaik untuk kehidupan mereka. Jadi, pastikan Anda memberitahu mereka apa yang harus dilakukan dan bagaimana menggunakan informasi yang mereka peroleh dari presentasi Anda.

Contoh kalimat penutup presentasi:

Anda adalah seorang praktisi pendidikan yang berbicara tentang “Pentingnya peran orang tua dalam kesuksesan anak di masa depan”

“Mulai hari ini mari kita didik anak-anak kita dengan baik. Supaya mereka bisa meraih masa depan yang mereka inginkan . Kita mungkin tidak akan melihat masa depan tersebut tapi mereka akan melihatnya. Dan tugas kita adalah membantu mereka untuk berbuat sesuatu akan masa depan itu”.

6. Menyampaikan Pernyataan Inspiratif

Selain itu, Anda dapat menutup presentasi Anda dengan sebuah pernyataan inspiratif yang dibuat sendiri. Pernyataan ini selain berfungsi sebagai bentuk pernyataan penutup yang menggambar isi presentasi juga sebagai bentuk otoritas Anda.

Contoh kalimat penutup presentasi dengan pernyataan inspiratif sebagai berikut:

“Semua orang yang berhasil di dunia ini adalah orang-orang yang percaya dengan kekuatan impian mereka. Tidak sekedar percaya tapi mereka juga merencanakan bagaimana mencapai impian tersebut. Kemudian mau mendorong diri mereka untuk mau taka actionmenjalankan semua rencana untuk menjemput impian yang mereka dambakan.

Jadi yakinlah, setinggi apapun impian Anda, jika Anda memiliki rencana yang masuk akal, mau take action semua impian pasti dapat Anda wujudkan. Saya sudah membuktikannya, banyak orang diluar sana juga sudah membuktikannya, dan sekarang adalah giliran Anda.”

Selain dengan cara-cara di atas, penutup presentasi juga dapat diselipi dengan pantun. Berikut beberapa referensi pantun penutup presentasi:

Pantun Penutup Presentasi


Minum sirup dengan selasih.
Sekian terima kasih.

Pak topik menjahit kopiah
Kopiah dijahit beldu yang utuh
Wabillahi taufik walhidayah
Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

Bunga kemboja putih berseri
Putihnya hingga keujung dahan
Atas bantuan dan kerjasama yang diberi
Kami ucapkan terimakasih

Kalau ada sumur di ladang
Boleh saya menumpang mandi
Kalau ada umur yang panjang
Boleh kita berjumpa lagi

Pak tani pergi ke sawah
Pulang-pulang membawa ikan
Jika tutur kata saya banyak yang salah
Mohon kiranya untuk dimaafkan

Ke Kota Baru naik Perahu
Pulangnya naek delman
Wahai bapak- bapak dan ibu- ibu
Kesalahan mohon dimaafkan

Jika haus maka minumlah
Jika lapar maka makanlah
Jika salah maka maafkanlah
Assalamualaikum wr.wb, sampai jumpa

Matahari terbit dari timur
Awan terbang membumbung tinggi
Tak ada yang tahu batasan umur
Semoga kita dapat bertemu lagi

Makan manggis jangan dibuang kulitnya
Semangka merah manis rasanya
Mohon maaf atas salah – salah kata
Semoga kita dapat berjumpa di waktu yang berbeda

Pohon terus tumbuh ke atas
Terpa angin semakin kencang
Waktu yang diberikan sangat terbatas
Mohon maaf atas kata-kata yang lancang

Singa mengaum di pegunungan
Cheetah lari ketakutan
Mohon maaf atas kesalahan
Lahir batin sebelum berpamitan

Pak tani pergi ke sawah
Pulang-pulang membawa ikan
Jika tutur kata saya banyak yang salah
Mohon kiranya untuk dimaafkan

Lagi jalan sambil ketawa
Gak taunya ditimpuk batu
Terimakasih atas perhatiannya
Semoga kalian sukses selalu

Bujang dan dara tinggi semampai
Senyum dan sapa mengunggah naluri
Semua pun sudah usai
Saatnya kami berundur diri

Baca Juga: Contoh Pembukaan Presentasi yang Baik dan Menarik

Demikian pembahasan mengenai tujuh cara penutup presentasi yang baik dan berkesan yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel