Cara Mengganti Background PowerPoint (Ppt)

Cara mengganti background ppt - Latar Belakang atau Background Microsoft PowerPoint (ppt) dapat diganti atau diubah dengan menggunakan gambar atau foto. Penggunaan gambar yang sesuai akan semakin memperkuat kesan dan pesan dari presentasi.

Bahkan, hampir semua slide presentasi yang menarik dipengaruhi oleh faktor background, latar, atau dasar grafis yang bagus.

Hanya biasanya, banyak yang menggunakan background powerpoint yang biasa-biasa saja. Bahkan, tidak jarang hanya menggunakan dasar putih. Untuk itu, perlu untuk memperhatikan pemilihan background ppt saat membuat presentasi powerpoint.

Untuk mendapatkan slide presentasi yang menarik dan memikat, bisa dilakukan dengan mengubah dan mengganti background ppt dengan gambar atau dengan warna yang lain.

Cara Mengganti Background PPT dengan Gambar

Mengganti background Ppt dengan gambar terbilang sangat mudah dan sederhana. Ikuti langkah demi langkah berikut untuk mengubahnya. Pada gambar tutorial ini, saya menggunakan Microsoft PowerPoint 2010. Jika anda menggunakan versi 2007 atau bahkan versi 2013 dan di atasnya, langkah-langkah ini umumnya mirip/hampir sama.
  • Pada menu, pilih Design, kemudian Background Styles dipojok kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih Format Background...
    cara-mengganti-background-powerpoint
  • Pada kotak Format Background, pilih Fill, kemudian pilih Picture or texture fill.
  • Selanjutnya pada bagian Insert from:, klik File...., untuk mengupload gambar atau foto yang diinginkan.
    mengubah-background-powerpoint
  • Selanjutnya, pilih gambar yang ingin dimasukkan, klik Insert. Dan secara otomatis PowerPoint 2010 akan mengatur dan mengisi backround slide.
  • Pada tahap ini, sebenarnya langkah-langkahnya sudah selesai. Anda tinggal mengklik Close. Namun, jika tampilan dan posisi gambar tidak sesuai, bisa dilakukan modifikasi.
  • Untuk melakukan modifikasi, klik Picture Corrections. Pada bagian Presets, silahkan pilih modifikasi gambar untuk tingkat Soften dan Sharpen.
    cara-modifikasi-background-ppt
  • Pada bagian Brightness and Contrast, silahkan pilih modifikasi gambar yang cocok. Namun, jika gambar tersebut tidak cocok dan ingin kembali seperti gambar semula sebelum modifikasi, klik Reset.
  • Untuk menyelesaikan, klik Close.

Mengganti Warna Desain Background PPT

Selain mengganti background ppt dengan foto/gambar, kita juga bisa mengganti warna desain background ppt agar tidak monoton, ada variasi dengan yang lain, atau sesuai dengan selera.

Cara mengganti warna desain background powerpoint dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pada menu Design, pilih Theme (tema) yang ingin dipakai.
    cara-mengganti-warna-background-ppt
  • Pilih dan klik Colors yang berada di bagian atas. Setelah itu, pilih warna yang diinginkan. Microsoft PowerPoint telah menyediakan berbagai macam variasi warna untuk mempercantik dan memodifikasi tampilan background ppt. Misalnya dengan memilih Austin, Civic, Clarity, Composite, dan lain sebagainya.
    cara-mengubah-latar-ppt

Baca juga: Cara Translate Dokumen PDF tanpa Aplikasi

Akhir Kata...
Penggunaan gambar dan warna pada background powerpoint juga harus diperhatkan dengan baik. Untuk memilih gambar atau warna, bayangkan anda adalah audience atau penonton yang akan melihat powerpoint anda. Dengan seperti ini, anda akan berusaha menampilkan gambar maupun kombinasi gambar yang jelas dan menarik.

Kami menyarankan dalam mengganti background Ppt dengan gambar untuk menggunakan gambar yang kontras dengan teks yang akan digunakan. Ini dimaksudkan supaya audience dapat membedakan dengan jelas antara background dengan tulisan/teks yang dijadikan penjelas presentasi.

Jika warna background gelap, maka gunakan teks yang terang. Agar tulisan tampak jelas, bisa juga dengan memodifikasi gambar agar lebih transparan. Ini biasanya akan membantu membuat teks akan nampak menonjol dan lebih terlihat dengan mudah [indorsie.com].

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel