iklanheader

Contoh Pembukaan Presentasi yang Baik dan Menarik

Contoh pembukaan presentasi - Ketika melakukan presentasi tentu setiap orang ingin menampilkan yang terbaik dalam presentasinya. Salah satu kunci pertama yang harus Anda lakukan agar menampilkan presentasi yang baik adalah dimulai dengan pembukaan yang baik. Pembukaan yang baik akan menentukan keberhasilan presentasi Anda. Begitupun sebaliknya, jika pembukaan Anda kurang baik maka akan cenderung membuat presentasi Anda menjadi gagal.

Pembukaan yang baik akan menarik perhatian audiens. Pasalnya apa yang disampaikan di awal akan menjadi informasi yang paling diingat oleh audiens. Itulah sebabnya kenapa pembukaan yang baik dan menarik menjadi faktor yang sangat penting sebagai kekuatan dalam presentasi. Apabila Anda sudah berhasil melalui pembukaan presentasi maka akan memudahkan Anda melanjutkan sebuah presentasi.
contoh-pembukaan-presentasi

Terkadang pembukaan presentasi dianggap remeh oleh beberapa orang. Padahal meskipun terbilang tidak memakan waktu lama, paling tidak hanya lima menit, namun waktu tersebut menjadi sangat berpengaruh untuk presentasi Anda. Jadi pastikan pembukaan presentasi Anda dibuat menarik hati audiens dengan memberikan pembukaan presentasi yang berkesan.

Contoh Pembukaan Presentasi


Berikut beberapa cara dan contoh pembukaan presentasi yang baik dan menarik untuk audiens, di antaranya:

1. Story 

Cerita membuat audiens membayangkan dan berimajinasi, yang kemudian mereka menyimak apa yang sedang Anda ceritakan. Untuk dapat membuat cerita yang menarik, Anda bisa memulai cerita dari hal-hal kecil yang Anda alami. Anda juga bisa mengambil cerita dari buku atau kisah orang yang sukses di bidang yang akan Anda bahas. Saat Anda bercerita yang penting adalah cerita tersebut berhubungan dengan presentasi yang akan Anda sampaikan. Buat cerita semenarik mungkin.

2. Humor

Selanjutnya, Anda bisa lakukan melalui humor. Bukan suatu hal yang sulit jika Anda memiliki selera humor yang bagus. Namun akan menjadi hal yang sedikit sulit bagi mereka yang perlu banyak belajar agar humor dapat diterima audiens seperti yang diharapkan. Jika Anda mempunyai kemampuan humor yang bagus, tidak ada salahnya Anda mencoba melakukannya sebagai pembukaan presentasi Anda.

Namun, tidak usah khawatir bagi Anda yang belum ahli dalam hal ini. Anda harus banyak belajar dan mencoba mempraktekannya. Sebelum Anda mempraktekannya langsung ke audiens, Anda dapat mempraktekannya di depan orang yang sudah Anda kenal, misalnya keluarga atau sahabat Anda. Selain itu, penting juga untuk memastikan apakah humor yang Anda lakukan akan berkaitan dengan topik yang Anda bahas. Hindari juga humor yang mengandung SARA.

3. Data / Fakta

Memberikan fakta atau data juga dapat menjadi pilihan tepat sebagai pembukaan presentasi Anda. Sajikan data atau fakta yang belum diketahui audiens yang tentunya berhubungan dengan pembahasan presentasi Anda. Hal tersebut akan mengejutkan audiens. Jika audiens terkejut dengan apa yang Anda tunjukkan dengan data atau fakta artinya Anda telah berhasil menarik perhatian audiens. Sangat penting juga bagi Anda untuk memastikan data yang Anda peroleh adalah data yang valid dan ada sumbernya. Pasalnya yang akan Anda sampaikan adalah fakta bukan opini.

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik Lengkap

4. Quote

Untuk yang satu ini nampaknya mudah untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu mencari quote yang relevan dengan topik yang akan Anda bahas. Usahan yang Anda pilih adalah quote dari orang terkenal. Meskipun begitu, Anda juga perlu menjelaskan siapa yang Anda ambil quotesnya.

5. Pertanyaan 

Bisa dikatakan ini adalah cara yang sederhana. Anda tinggal bertanya dan audiens akan menanggapi pertanyaan Anda. Perhatikan apabila audiens belum memberikan respon, Anda dapat mengulangi pertanyaan Anda. Gunakan pertanyaan yang bersifat retoris artinya tidak membutuhkan jawaban verbal dari audiens. Tujuan pertanyaan ini hanya untuk menarik perhatian atau membuat audiens berfikir saja. Mengapa?

Karena tentunya anda tidak ingin kalimat pembuka presentasi Anda berakhir menjadi sesi tanya jawab atau tiba-tiba ada seorang audiens yang menjawab secara panjang lebar dan membuat Anda kesulitan untuk menghentikannya.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan untuk kalimat pembuka presentasi:

  • “Menurut Anda, apakah hal utama yang menghalangi anda untuk mencapai hal – hal yang anda inginkan dalam hidup?”
  • “Jikalau Anda menjadi customer dari bisnis anda sendiri, kesan pertama apakah yang kira-kira Anda dapatkan ketika memasuki kantor anda?”
  • “Pernahkah Anda berkunjung ke Bali? Tahukah Anda bahwa di balik keindahannya, ada suatu hal ironis yang benar-benar menuntut perhatian kita saat ini juga?”
6. Menyampaikan Maksud dan Tujuan

Cara yang paling mudah dan dapat Anda terapkan untuk berbagai situasi adalah membuka presentasi dengan menyampaikan maksud dan tujuan. Dengan cara ini, audiens akan mengerti apa yang akan mereka dapatkan dari presentasi Anda. Anda juga bisa menetapkan harapan (ekspektasi) audiens tentang berapa lama presentasi akan berlangsung dan apa saja yang akan dibahas. Anda bisa membuka presentasi dengan menyampaikan maksud dan tujuan seperti ini:

“Bapak dan Ibu yang saya hormati, selamat pagi. Saya sangat senang hari ini mendapatkan kesempatan untuk hadir di hadapan Bapak/Ibu sekalian.

Dalam waktu tiga puluh menit ke depan, saya akan menjelaskan kepada Bapak dan Ibu sebuah sistem administrasi kepegawaian yang akan membantu Bapak/Ibu mengelola data karyawan secara cepat, mudah dan informatif.

Di akhir presentasi nanti, Bapak dan Ibu akan bisa memahami keunggulan dan manfaat yang akan didapatkan dari sistem ini, serta apa yang membedakannya dengan produk sejenis di pasaran. Dengan demikian, Bapak Ibu dapat memutuskan investasi terbaik bagi perusahaan yang Bapak Ibu pimpin.”

7. Callback

Teknik callback adalah cara membuka dengan berkomentar terhadap hal-hal yang terjadi sebelum presentasi. Callback dinilai efektif untuk membuka presentasi. Pasalnya callback akan cepat sekali connect dengan audiens. Mereka akan merasa spesial karena pembukaan anda unik dan tidak mungkin dilakukan di presentasi lainnya.

Bagi Anda yang masih bingung dengan cara ini, berikut contoh membuka presentasi dengan callback:

Ketika datang di seminar ini saya seperti kembali pulang kerumah saya sendiri.

Setelah itu, audiens akan mulai berfikir dan muncul rasa penasaran, kenapa seperti pulang ke rumah? Sampai disini Anda telah berhasil mengambil perhatian audiens dan membuat mereka penasaran. Lalu, Anda lanjutkan dengan memperjelas pembukaan diawal.

Jadi ingat ketika dulu berkuliah di surabaya, saya menghabiskan banyak waktu di kota ini untuk belajar dengan sungguh-sungguh, bekerja mengumpulkan pundi-pundi uang, dan tak lupa juga mencari jodoh. Saya harap Anda kesini buka untuk mencari jodoh.

Tiba-tiba banya peserta yang senyum-senyum sendiri dan suasana ruangan menjadi lebih bersahabat sehingga Anda bias melanjutkan presentasi dengan menyenangkan.

Kalimat Pembuka Presentasi

Secara umum Anda bisa menggunakan beberapa kalimat umum yang biasa dipakai banyak orang ketika membuka suatu acara presentasi. Berikut beberapa contohnya, bisa kamu hapalkan dan improvisasi :

Assalamualaikum, Salam sejahtera untuk kita semua. Syukur kita ucapkan atas nikmat kesehatan dan kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul dalam seminar ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaian materi presentasi yang berjudul (...). Sebelumnya saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak (sebutkan pihak yang dihormati)
Terimakasih kasih sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk tampil menjabarkan materi presentasi ini. Baiklah kita mulai dari latar belakang yang mendasari saya untuk ikut terlibat dalam penelitian selama satu bulan kemarin.

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Alhamdulillaahirobbil 'aalamiin washsholaatu wassalaamu' alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursalina, wa-'alaa aalihi washohbihi ajma'iina." amma ba'du. Pertama dan yang paling utama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan kesempata-Nya sehingga kita bisa berkumpul ditempat yang penuh berkah ini.

Baca Juga: Inilah Contoh Surat Kuasa Motor Mudah dan Tidak Ribet

Demikian pembahasan mengenai contoh pembukaan presentasi yang baik dan menarik yang bisa Anda coba untuk menampilkan presentasi agar tidak membosankan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel