iklanheader

Cara Reschedule Tiket Kereta yang Gampang Tanpa Ribet

Indorsie.com - Kini untuk me-reschedule tiket kereta sudah sangat mudah. Berbekal aplikasi KAI Access, kita sudah dapat melakukan pengubahan jadwal kereta, dengan hari atau rute yang berbeda.

Jadi, begini ceritanya. Beberapa waktu lalu saya membeli tiket kereta melalui aplikasi Traveloka. Aplikasi yang kini telah merajai dalam pembelian/pemesanan tiket transportasi. Tiket kereta telah saya beli sekitar seminggu sebelum keberangkatan.

Namun tiba-tiba, saya harus bertemu dengan orang yang penting di hari keberangkatan kereta. Maka, mau tidak mau saya harus reschedule tiket kereta traveloka yang sudah terbeli tersebut.

Mulailah saya cari-cari informasi cara melakukan pengubahan jadwal kereta kesana kemari. Nah, di artikel ini saya ingin membagi pengalaman saya tersebut.

1. Reschedule Tiket Kereta di Loket Stasiun

Bisa dikatakan ini merupakan cara yang umum dilakukan, reschedule di seluruh lokasi stasiun beberapa saat sebelum berangkat. Di aplikasi Traveloka sendiri juga diberikan informasi tambahan tentang penundaan jadwal ini. Ada poin penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

Pengubahan jadwal dapat dilakukan di seluruh loket stasiun, hingga 60 menit sebelum waktu keberangkatan.
reschedule-tiket-traveloka

Pengubahan jadwal kereta hanya bisa dilayani, maksimal 60 menit atau 1 jam sebelum keberangkatan. Melewati waktu itu, maka reschedule sudah tidak bisa dilakukan.

2. Cara Reschedule Tiket Kereta melalui Aplikasi KAI Access

Ternyata selain bisa reschedule di stasiun, juga bisa dengan mudah, tanpa repot-repot ke stasiun dengan menggunakan aplikasi KAI Access.

Lewat aplikasi inilah saya melakukan reschedule tiket kereta Traveloka yang sudah saya booking. Cara reschedule tiket kereta melalui aplikasi ini terbilang sangat mudah. Ikuti langkah berikut untuk melakukannya:

  • Download aplikasi KAI Access di playstore jika aplikasi ini belum terinstal di smartphone anda.
  • Setelah proses download aplikasi selesai, instal kemudian lakukan pendaftaran.
    daftar-kai-access
  • Proses pendaftaran cukup mudah. Poin paling penting disini adalah tentang profil dan tanda pengenal. Pada bagian identitas, silahkan pilih apakah mau menggunakan KTP, SIM, atau Passport. Isikan nomor identitas dengan benar
  • Kemudian isi nama lengkap dan memilih sapaan (Mr., MS., dll). Isi tanggal lahir sesuai identitas, masukkan no HP yang aktif, kemudian isikan pula alamat email yang aktif. Ini karena link verifikasi akun, akan dikirimkan via email. Jadi pastikan email anda aktif dan dapat dibuka.
  • Kemudian lanjut isikan alamat dan kota sesuai dengan kartu identitas. Masukkan password dan terakhir klik daftar.
  • Setelah semua proses selesai dengan benar, tidak beberapa lama verifikasi link akan dikirimkan ke alamat email yang dicantumkan tadi.
  • Setelah verifikasi berhasil, buka kembali aplikasi untuk login. Login bisa menggunakan No. HP atau email.
  • Selanjutnya untuk melakukan proses reschedule, klik pada bagian MY TRIPS. Pada bagian INTERCITY TRAINS, klik ikon tambah (+) untuk mencari kode pemesanan/kode pembayaran.
    mytrips-reschedule-tiket
  • Ketikkan kode pemesanan kereta anda, setelah itu anda akan beralih ke halaman E-Ticket. Disana tertera detail pemesanan anda. Scroll sampai pada bagian bawah, kemudian pilih Ubah Jadwal
    ubah-jadwal-tiket-kereta

Catatan penting:
Layanan ini hanya dapat digunakan sampai dengan 24 jam keberangkatan dan status sudah dibayarkan.

  • Setelah itu centang penumpang yang ingin diubah jadwalnya. Centang pula Syarat dan ketentuan. Anda bisa membaca sekilas dengan mengklik halaman syarat dan ketentuan tersebut sebelum melanjutkan. Setelah semuanya dirasa telah fix, silahkan klik Lanjut.
  • Pada bagian Ticket Booking, silahkan pilih asal (origin) stasiun dan tujuan (destination). Kemudian tentukan jadwal keberangkatan. Kalau pengalaman pribadi, saya hanya mengganti jadwal mundur sehari dari jadwal sebelumnya. Kemudian, klik Search Ticket untuk memilih kereta yang akan digunakan.
  • Setelah itu, akan ditampilkan sejumlah pilihan kereta. Ada yang harganya lebih murah, ada kereta yang sama dan harganya sama, atau ada kereta lain dengan harga lebih mahal (kereta bisnis atau eksekutif). 
  • Selanjutnya, konfirmasi orderan tiket. Pada bagian ini akan ditampilkan harga tiket. Centang Term and Conditions, klik Continue
  • Setelah itu, akan ada kotak pemberitahuan untuk mengkonfirmasi ulang persetujuan. Dikotak tersebut akan disampaikan bahwa anda akan akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket. Jika harga tiket kereta yang baru lebih tinggi dari harga awal, maka akan dikenakan biaya tambahan dari selisih tersebut. Namun sebaliknya, jika harga tiket lebih murah dibandingkan tiket awal, maka sisa pembayaran sebelumnya tidak bisa dikembalikan (no refund). Klik Yes, I’m Sure untuk melanjutkan. 
    reschedule-tiket-yes
  • Setelah itu, detail pembayaran akan diperlihatkan, termasuk biaya penundaan (reschedule fee 25%). Klik payment untuk melakukan pembayaran.
  • Pembayaran dapat dilakukan dalam beberapa opsi; lewat ATM, Mobile banking, internet banking, dan lain sebagainya. Setelah memilih metode pembayaran, lakukan segera pembayaran sebelum waktu tenggang pembayaran berakhir.

Selesai deh semua prosesnya. Setelah pembayaran dilakukan, maka detail tiket reschedule akan dikirimkan ke email dan bisa dilihat jadwal perubahannya di aplikasi KAI Access.

Baca juga: Cara Logout Wifi Id yang Mudah dan Cepat

Penutup
Begitulah kira-kira cara reschedule tiket kereta. Kembali lagi bahwa pengalaman yang saya ceritakan ini, saya awalnya membeli tiket lewat aplikasi Traveloka. Namun, untuk melakukan reschedule bisa dilakukan melalui dua opsi, yakni melalui stasiun dan lewat aplikasi.

Saya menggunakan aplikasi KAI Access karena saya rasa lebih gampang, tinggal klik sana sini, isi detail informasi, dan lakukan pembayaran daripada saya harus melakukannya di stasiun.

Ingat bahwa, terdapat biaya penundaan sebanyak 25% dari harga tiket. Penundaan di stasiun maksimal 1 jam sebelum keberangkatan, sedangkan jika dilakukan dengan menggunakan aplikasi maksimal 1 hari (24 jam) sebelum keberangkatan.

Demikian sharing dan cara reschedule tiket kereta yang sempat saya bagikan lewat artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel