Cara Translate Dokumen PDF yang Mudah Tanpa Install Aplikasi

Bagi yang punya kendala kemampuan bahasa Inggris pas-pasan terutama dalam translate dokumen pdf, kini bisa memanfaatkan tools atau translator online. Hasilnya cukup memuaskan dan lebih mudah membuat mengerti terjemahan teks atau artikel bahasa Inggris.

Saya pribadi juga sering menemui kendala ini. Apalagi jika dokumen tersebut sangat banyak dan harus dimengerti dalam waktu singkat. Mengandalkan kemampuan bahasa Inggris yang seadanya belum bisa dimaksimalkan. Oleh karena itu, saya biasanya menggunakan beberapa cara menerjemahkan dokumen pdf.

2 Cara Translate Dokumen PDF Tanpa Install Aplikasi

Dokumen PDF sebenarnya bisa anda terjemahkan ke dalam berbagai bahasa, sesuai dengan kebutuhan. Misal, translate dokumen pdf bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, atau sebaliknya, dan bisa juga ke bahasa asing lain.

cara-translate-dokumen-pdf

Fasilitas translate google memang bisa dikatakan menjadi andalan. Sebabnya, karena google sendiri selalu mengupdate kemampuan dan fitur-fitur google translate. Bahkan lewat fitur ini, user bisa berkontributor untuk memperbaiki hasil translate jika konteks hasil terjemahan memang memiliki beberapa variasi.

Nah, berikut ini cara yang sering saya pakai dalam menerjemahkan dokumen PDF secara online menggunakan fasilitas dari google.

Translate Dokumen PDF dengan Google Translate

Di atas telah saya singgung bahwa fitur google translate terus diperharui untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Cara menerjemahkan dokumen PDF lewat google translate sangatlah mudah.

  1. Pertama, buka google translate di browser anda.
  2. Kemudian terjemahkan dokumen pdf dengan cara mengupload secara langsung dokumen tersebut. Jadi, tidak perlu copy paste dokumen dari pdf ke google translate.
  3. Pilih dan klik "Documents" untuk upload dokumen. Klik "Browse your computer". Pilih file PDF yang ingin diterjemahkan. Setelah itu, pilih jenis bahasa yang ingin diterjemahkan. Misal, Indonesian.
    translate-dokumen-pdf
  4. Kemudian klik "Translate" disudut kanan bawah. Setelah proses translate selesai, maka tampilannya seperti di bawah ini.
  5. Kita bisa melihat bahwa hasil translate dokumen PDF tersebut cukup bagus. Kita bisa mengerti hasil terjemahannya. Selain itu, dengan menggeser kursor pada paragraf tertentu akan diperlihatkan teks aslinya (original text).

Cara Translate PDF dengan Google Drive (Google Drive Translate PDF)

Cara ini juga merupakan cara yang sering saya gunakan. Biasanya saya menggunakan dua-duanya, kemudian memilih mana hasil translate yang menurut saya paling bagus.

Tidak ada salahnya mencoba mempraktekkan cara kedua ini, selain menggunakan google translate dokumen pdf. Seperti cara pertama, pilihan cara ini juga tetap menggunakan layanan google, yakni google drive.

  1. Pertama, silahkan buka google drive.
  2. Biasanya akan otomatis log in, jika sudah log in gmail, karena semua fasilitas google terintegrasi satu sama lain dan dapat dipakai hanya dengan menggunakan akun.
  3. Klik "New" untuk memulai langkah upload dokumen. Pilih "File Upload", dan pilih PDF yang ingin diterjemahkan.
    google-drive-translate-dokumen-pdf
  4. Tunggu proses upload dokumen PDF selesai. Setelah selesai terupload, klik file PDF tersebut.
  5. Pada bagian atas, klik "Open with Google Docs". Biasanya, setelah itu dokumen akan dibuka di tab baru.
    translate-pdf-dengan-google-drive
  6. Klik pada menu "Tools", kemudian pilih "Translate Document..." Kemudian muncul kotak dialog Translate Documen, pada bagian "Choose a language", pilih bahasa yang diinginkan. Setelah dipilih, klik tombol "Translate".
    translate-document-dengan-google-drive
  7. Setelah itu, secara otomatis akan terbuka lagi tab baru, hasil translate dokumen PDF di google drive. Silahkan copy atau salin dokumen hasil terjemahan tersebut.
  8. Jika ingin menyimpan hasil translate ini dalam bentuk word, silahkan klik pada menu "File", sorot "Download As", kemudian pilih dan klik Microsoft Word (.docx). Terakhir simpan hasil translate tersebut di folder yang diinginkan. Selesai.
    download-hasil-translate-google-drive

Catatan:

  • Untuk proses translate dokumen, tidak hanya dalam berupa file PDF saja, tetapi file semacam Microsoft Word, Microsoft Power Point, dan lain sebagainya bisa diterjemahkan dengan cara ini.
  • Untuk translate dokumen PDF dengan cara upload dokumen, biasanya terkendala pada jumlah halaman. Halaman yang banyak, alias sangat panjang (misal ratusan halaman) tidak bisa ditranslate oleh google translate.
  • Untuk kemampuan terjemahan Google Drive lebih banyak dibandingkan dengan google translate. Di percobaan yang saya lakukan, saya upload file PDF bahasa Inggris kurang lebih 300 halaman, dan batas maksimal yang bisa diterjemahkan oleh google drive adalah 109 halaman.

Akhir kata...

Nah bagaimana, mudah alias gampang banget kan menerjemahkan dokumen PDF. silahkan anda pilih salah satu cara translate document pdf di atas sesuai kebutuhan anda.

Baca juga: Cara Melihat Letak Nomor Ijazah S1, D3, SMA, SMP

Tentunya, menerjemahkan dokumen secara online memiliki keterbatasan. Entah, dari tata bahasanya maupun kapasitas kemampuan menerjemahkannya. Saran saya agar anda bisa memahami sedikit konteks dokumen yang anda terjemahkan agar setelah proses terjemahan selesai, anda bisa memperbaiki struktur bahasanya agar lebih halus. Karena menerjemahkan online yang serba otomatis, biasanya kualitas bahasanya agak kaku.

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Terima kasih telah mengunjungi blog Indorsie. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel