Cek Nomor Ijazah via Forlap dan Sivil Ristekdikti

Cek nomor ijazah - Mengetahui, menulis, atau menginput nomor seri ijazah biasanya menjadi syarat proses pendaftaran sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau jenis pekerjaan lainnya. Tujuannya, agar memastikan proses verifikasi berkas dapat berjalan dengan baik. Sebab verifikator biasanya akan mencocokan dengan data-data ijazah dalam pangkalan data pemerintah (ristek dikti).

Namun, ternyata masih banyak diantara kita yang kadang bingung dalam memastikan yang mana sebenarnya nomor ijazah. Selain itu, verifikasi nomor ijazah dengan cara pengecekan online ternyata berguna untuk mengetahui keaslian ijazah.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jual beli ijazah palsu (aspal) marak terjadi. Ini tentu suatu bentuk pelanggaran dan akan sangat merugikan bagi orang yang memiliki ijazah asli.

Cara Mudah Cek Nomor Ijazah via Online

Selain secara manual, melihat langsung nomor ijazah. Ada cara lain untuk melihat nomor ijazah. Bisa dilakukan secara online. Keuntungan cek nomor ijazah online adalah nomor ijazah betul-betul valid dan menghindari kesalahan mengidentifikasi nomor ijazah secara manual.

Untuk cara manual yang lengkap melihat nomor ijazah, silahkan lihat di artikel: Cara Melihat Letak Nomor Ijazah S1, D3, SMA, SMP

Mengecek langsung nomor ijazah, kadang membingungkan. Apalagi jika ada beberapa nomor yang tertera di ijazah. Selain itu, kadang juga bingung dalam menentukan mana tanggal lulus atau tanggal wisuda. Keduanya mirip-mirip, sehingga menyulitkan.

Cara Cek Nomor Ijazah via Forlap Ristekdikti Mahasiswa

Untuk mengetahui informasi mahasiswa, terutama untuk mengetahui nomor ijazah S1/S2/S3, sebenarnya dapat dilakukan secara online. Caranya dengan mengakses situs Forlap Ristekdikti Mahasiswa.

Untuk memudahkan, berikut ini kami posting tahap demi tahap dalam mengecek nomor ijazah secara online.

  1. Untuk melakukan pencarian data mahasiswa (termasuk Tanggal Lulus dan Nomor Ijazah), silahkan kunjungi situs Forlap Ristekdikti Mahasiswa, forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa
  2. Pada "Pencarian Data Mahasiswa", ketik nama kampus pada menu "Perguruan Tinggi".
    cara cek nomor ijazah via forlap
  3. Di bagian "Program Studi", lakukan pencarian program studi anda. Misal Peternakan S1. Selanjutnya, pada bagian "Kata Kunci", anda bisa menuliskan Nama mahasiswa atau NIM jika masih ingat. Pada "Pengaman", masukkan hasil perhitungan. Kemudian klik "Cari Mahasiswa"
  4. Setelah itu, akan muncul Hasil Pencarian Mahasiswa. Klik pada nama mahasiswa, untuk mendapatkan detail informasi.
  5. Kemudian, akan ditampilkan profil mahasiswa lengkap dengan informasi penting yang dibutuhkan, seperti tanggal lulus dan nomor ijazah. Pada bagian bawah, juga bisa dicek "Riwayat Status Kuliah", dan "Riwayat Studi" secara lengkap.
    tanggal lulus dan nomor ijazah s1/s2/s3
  6. Setelah tahap ini, Anda sudah mengetahui tanggal lulus ijazah dan nomor ijazah anda. Silahkan dicatat baik-baik untuk bisa digunakan pada saat pendaftaran atau saat dibutuhkan suatu waktu.
  7. Untuk mengetahui keabsahan nomor ijazah, silahkan mengikuti tahap lanjutan di bawah ini.

Cara Cek Keaslian/Keabsahan Ijazah

Kini, untuk memastikan betul tidaknya nomor ijazah, dapat dicek dengan mudah secara online. Pengecekan nomor seri ijazah dapat dilakukan melalui SIVIL (Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik).

  1. Pertama, silahkan menuju halaman SIVIL Ristekdikti berikut: https://ijazah.ristekdikti.go.id/
  2. Pada bagian "Perguruan Tinggi", silahkan ketik nama kampus anda.
    cara cek nomor  ijazah via sivil ristekdikti
  3. Kemudian pilih "Program studi", pada bagian nomor ijazah, masukkan nomor ijazah yang telah didapatkan dari akun forlap ristekdikti mahasiswa tadi.
  4. Masukkan hasil penjumlahan "Angka Pengaman". Kemudian klik "Verifikasi"
  5. Terakhir, akan muncul hasil verifikasi. Jika hasil verifikasi menunjukkan "Data ditemukan", artinya ijazah anda telah diverifikasi, sah, atau legal (asli).
    cek keaslian ijazah di sivil ristekdikti

Lainnya: Cara Perpanjangan STR Perawat Online

Catatan:

  • Saat melakukan verifikasi nomor seri ijazah elektronik, tidak muncul tampil keabsahannya. Gagal melakukan verifikasi. Biasanya, masalah yang terjadi karena saat proses menginput nomor seri ijazah tidak perlu menggunakan SPASI. Masukkan saja semua kode ijazahnya, TANPA SPASI.
  • Jika nomor ijazah tidak terdaftar. Disarankan untuk segera menghubungi Perguruan Tinggi/kampus/universitas yang menerbitkan ijazah. Ini penting untuk memastikan data ijazah telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.

0 Response to "Cek Nomor Ijazah via Forlap dan Sivil Ristekdikti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel