Beranda » Education » 5 Daftar Jurusan Keperawatan Terbaik di Indonesia

5 Daftar Jurusan Keperawatan Terbaik di Indonesia

Indorsie.com – Kamu rencana kuliah dan ingin tahu dimana saja jurusan keperawatan terbaik di Indonesia? Yuk kita simak, universitas apa saja itu.

Jurusan keperawatan merupakan salah satu jurusan yang biasanya diminati. Selain jurusan atau fakultas kesehatan lain, semacam kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, atau kesehatan masyarakat (kesmas).

Profesi perawat sendiri sebenarnya adalah profesi yang mulia. Dapat membantu sesama. Dan tentunya akan semakin matching, jika kamu termasuk pribadi yang suka berempati alias peduli kepada orang lain.

Maka, secara sepintas, kamu memang cocok sebagai perawat. Namun, ini juga harus ditunjang keberanian ya. Terutama berani melihat darah atau yang sejenisnya. Sebab, dengan profesi sebagai perawat kelak, kamu bakal sering dihadapkan dengan darah, luka, dan lain sebagainya.

Jurusan Keperawatan Terbaik di Indonesia

jurusan keperawatan terbaik di indonesia

Untuk melanjutkan pendidikan, salah satu pertimbangan paling penting tentu adalah kualitas kampus yang akan dituju. Semakin bagus kampus, diharapkan kemampuan (skill) maupun pengetahuan akan semakin bagus, terdongkrak, dan semakin cemerlang.

Yuk, kepoin satu-satu jurusan keperawatan terbaik yang ada di Indonesia.

1. Ilmu Keperawatan UI (Universitas Indonesia)

Bukan hanya kampusnya yang top, ilmu keperawatan UI juga menjadi primadona. Guys, perlu diketahui juga bahwa ilmu keperawatan UI merupakan fakultas tersendiri. Info lain bahwa, fakultas ilmu keperawatan UI merupakan fakultas ilmu keperawatan tertua di Indonesia, loh.

Dilihat dari usianya, pantas kalau keperawatan UI menjadi rekomendasi pertama jurusan keperawatan.

2. Ilmu Keperawatan Unpad (Universitas Padjajaran)

Universitas Padjajaran (Unpad) ditahun 2019 ini menempati rangking 6 universitas terbaik Indonesia. Lalu bagaimana dengan jurusan keperawatannya, ya?  Juga patut dibanggakan.

Fakultas Keperawatan Universitas Padjajaran disingkat FKEP Unpad sendiri merupakan keperawatan tertua kedua, loh.

Guys, tahu tidak kalau ilmu keperawatan Unpad nomor 7 program studi favorit calon mahasiswa baru. Memang jadi rebutan ya. Beruntung rasanya kalau bisa kuliah disini.

3. Ilmu Keperawatan UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di kota pelajar, Yogyakarta. UGM adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia. Sebagai kampus kerakyatan, UGM juga memiliki program studi keperawatan.

Program studi (prodi) keperawatan ini masih dibawa naungan fakultas kedokteran. Program pendidikan keperawatan UGM meliputi program sarjanan keperawatan dan program pendidikan profesi (ners).

Prodi ilmu keperawatan UGM memilki keunggulan, diantaranya Akreditasi A oleh LamPTKes dari 2015 sampai 2019 dan sertifkasi internasional AUN-QA dari 2017 sampai dengan 2022. Keren ya?

4. Ilmu Keperawatan Undip

Universitas Diponegoro (Undip) merupakan kampus mumpuni di Jawa Tengah, termasuk masuk jajaran kampus terbaik di Indonesia. Untuk keperawatan Undip, ini masih berada di fakultas kedokteran.

Jadi, belum berbentuk fakultas. Namun, dari segi kualitas, juga tidak kalah hebat dibandingkan dengan ilmu keperawatan sebelum-sebelumnya.

Di laman web um.undip.ac.id, ditulis persyaratan syarat admisi bagi calon pendaftar. Untuk jalur SNMPTN haruslah lulusan jurusan IPA. Nah, sementara jalur seleksi Mandiri/SBMPTN yang mendaftar boleh dari jurusan IPA, IPS, maupun Bahasa.

5. Ilmu Keperawatan Unhas (Universitas Hasanuddin)

Universitas Hasanuddin (Unhas) bisa dikatakan merupakan universitas terbaik untuk Indonesia tengah dan timur. Letaknya yang berada di kota besar, Makassar menjadikan kualitas Unhas terbaik untuk universitas kategori di luar Jawa.

Sehingga tidak mengherankan, jika ilmu keperawatan termasuk favorit pilihan calon mahasiswa peminat keperawatan.

Ilmu keperawatan Unhas baru didirikan menjadi fakultas pada tahun 2017. Sebelumnya masih berada di fakultas kedokteran.

Diumurnya yang masih seumur jagung, prestasinya tidak bisa dianggap remeh. Fakultas Ilmu Keperawatan Unhas tahun 2019 telah mengantongi Akreditas A.

Baca juga: Jasa Perawat Home care Terbaik

Tinggalkan komentar

/* */