Mudahnya Mengirim Uang tanpa Bank, tanpa ATM dengan TrueMoney

Orang tua saya tinggal di desa. Tidak punya rekening bank apalagi ATM. Sementara saya berpindah-pindah mengikuti kemana suami bertugas. Menumpang di ATM saudara untuk menerima beberapa rupiah sepertinya kurang nyaman. Jadi harus mencari cara lain agar uang yang saya kirim bisa sampai dengan cepat serta mudah didapat meski tanpa ATM ataupun datang ke teller bank.

Bagi ibu rumah tangga (IRT) seperti saya menunggu antrean di teller seperti itu memakan waktu, apalagi jika anak kedapatan rewel. Kurang bersahabat. Dimana harus datang pagi-pagi agar tidak lama mengantri. Meski kadang tetap saja mengantri, huuu.

Guys, ini namanya niat mau ngirim uang, kok jadi masalah? Ribet sendiri.

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa fakta jumlah penduduk dewasa Indonesia tanpa rekening bank ada sebanyak 95 juta orang (World Bank, 2017). Hal lain, sebagaimana dilansir dari Global Findex 2017, sebanyak 33% dari total masyarakat Indonesia masih unbanked.

Artinya, untuk mengirimkan uang kepada salah satu dari sekian puluh juta orang-orang tersebut masih sangat sulit jika ingin mengirim uang tanpa bank.

Cara Mudah Kirim Uang tanpa ATM, tanpa ke Bank

Mengiri uang tanpa ATM tanpa Bank
Beberapa waktu lalu suami mengenalkan saya dengan layanan keuangan inovatif, TrueMoney. Mungkin dimaksudkan  agar saya mudah mengirim maupun menerima uang, karena selain IRT sayapun mencoba peruntungan berjualan online shop.

Alhasil, sejak mengenal aplikasi TrueMoney ini saya tidak khawatir ataupun ribet lagi soal mengirim uang. Hebatnya lagi layanan keuangan inovatif ini bisa digunakan tanpa harus memiliki rekening ataupun ATM.  Apalagi, perusahaan ini telah menjalin kerja sama dengan Alfamart yang sudah menjamur dimana-mana.

Iyap. Itulah solusinya truemoney yang membuat pengiriman uang menjadi lebih mudah dan aman. TrueMoney sendiri merupakan penyedia uang elektronik & jasa kirim uang yang dapat digunakan bertransaksi melalui aplikasi di gawai, melalui mesin EDC (Electronic Data Capture), dan Alfamart.

Keuntungan dan Kelebihan TrueMoney

keuntungan dan kelebihan aplikasi truemoney
Guys, tidak dapat dipungkiri. Ketika kita memilih suatu aplikasi diharapkan dapat membantu mempermudah aktivitas kita. Kalo bisa, sekalian jadikan sahabat yang selalu setia dan selalu ada.  Tentunya aplikasi yang kita pilih mempunyai keunggulan-keunggulan tertentu. Tidak terkecuali dengan Truemoney ini.

Lalu apa saja keuntungan dan kelebihan yang dapat kita peroleh dari aplikasi kece ini? Keuntungan memakai layanan keuangan inovatif Truemoney.

1. Biaya Pengiriman Terjangkau
Bagi emak-emak, meminimalisir  pengeluaran sangat diharuskan. Memanage dengan baik rupiah-rupiah di rumah agar suami makin sayang. Aha.. Inilah yang saya suka dari truemoney, biaya pengirimannya terjangkau dan tidak membuat jebol uang belanja.

2. Membuat Transaksi lebih Cepat dan Aman
Terkadang layanan internet tak semulus jalan tol, adakalanya trouble atau pulsa dan kuota habis. Tidak dapat mengakses e-banking. Sementara ATM jauh dari rumah dan tersedia di tempat-tempat tertentu. Adapun uang yang ada dalam genggaman harus di kirim cepat dan memastikan keamanannya, disini kita bisa menjangkau Alfamart/Alfamidi terdekat yang sudah banyak sekali cabangnya serta dapat kita  temukan dengan mudah.

3. Dapat Melakukan Transaksi lebih Praktis tanpa harus ke Bank
Tidak punya rekening? Malas mengantri di teller? Atau jauh dari ATM? Sekarang tidak perlu risau lagi untuk mengirim uang, semua mudah dengan truemoney. Anda cukup datang ke agen-agen truemoney dan tempat belanja Alfamart/Alfamidi serta menyerahkan kartu tanda pengenal maka semua bisa diproses lebih mudah dan tidak perlu menunggu lama.

4. Mudah Mengirim Uang ke Luar Negeri
Tidak tanggung-tanggung mengirim uang dari TrueMoney ini juga bisa tembus ke luar negeri loh. Diantara UAE, Qatar, Saudi Arabia, Hong Kong,  Korea Selatan, Taiwan, Brunei, Malaysia, dan Singapura. Wah, pastinya memudahkan ya jika ada mahasiswa atau mungkin sanak famili bahkan TKI yang ingin mengirim atau menerima uang tanpa ATM sekalipun.

5. Jam Buka Fleksibel, bahkan 24 jam
Ini baru namanya merdeka kirim uang, tidak ada batasan waktu dan suka-suka. Cocok bagi yang sibuk di jam-jam kerja. Apalagi TrueMoney bekerja sama dengan beberapa Alfamart yang mempunyai jam operasional 24 jam. Dengan 500.000 member, 20.000 agen android dan 16.000 agen fisik yang tersebar di Indonesia TrueMoney semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan.

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan TrueMoney

Guys, TrueMoney sendiri mulai hadir pada tahun 2007 di Thailand dan merupakan unit bisnis dari Charoen Pokphand (CP) Group. Dibawah unit bisnis CP, membuat TrueMoney menjadi salah satu dari tiga besar uang elektronik yang digunakan di Thailand. Capaian besar ini diraih, setelah terlebih dahulu TrueMoney melebarkan sayap bisnisnua di Myanmar dan Kamboja.

Nah, September 2015 TrueMoney hadir pula di Indonesia di bawah payung Ascend Group, melalui PT. Witami Tunai Mandiri. Melalui PT. Witami Tunai Mandiri (Witami), True Money menyediakan jasa remittance (pengiriman uang).

Lisensi dan Izin
Menurut saya ini yang paling penting ya, guys. Adanya lisensi dan izin dari lembaga yang mempunyai otoritas paling tinggi di Indonesia. TrueMoney sudah mendapatkan sertifikasi dan izin sebagai penyelenggara uang elektronik dan remitansi.

Ini dibuktikan dengan diterimanya 2 buah sertifikasi dari Bank Indonesia, yaitu:
  1. Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
  2. Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58
Jadi makin yakin, kan? TrueMoney memang betul-betul aman. Hebatnya lagi, TrueMoney berhasil mendapatkan penghargaan Marketing Award untuk kategori “The Best in Innovation Marketing” 2016 dan  peringkat ke tiga dalam kategori “Digital Brand Category E Money Financial Institutions Non-Bank”, dalam acara “6th Infobank Digital Brand of The Year 2017".

3 Langkah Mudah Kirim Uang dengan TrueMoney

Untuk bisa mengirim uang dengan TrueMoney di Alfamart, syaratnya tidak muluk-muluk. Cukup membawa identitas diri, berupa KTP, SIM atau Paspor Asli. Tapi, jika tidak memiliki dokumen asli, juga bisa menggunakan fotocopy-annya dan nomor telepon aktif.

1. Membawa uang ke Alfamart/Alfamidi
Setelah memiliki dokumen persyaratan pengiriman uang. Sekarang saatnya untuk membawa dokumen dan uang yang ingin dikirim ke Alfamart/Alfamidi.

Langsung saja ke bagian kasir dan sampaikan bahwa ingin mengirim uang. Biasanya kasir sudah langsung paham, dan menyampaikan informasi tambahan. Misalnya mengenai biaya administrasi. Untuk pengiriman dibawah 1 juta rupiah dikenakan biaya 15 ribu rupiah. Sementara di atas 1 juta sampai 5 juta rupiah, dikenakan 25 ribu rupiah.

2. Mengisi Formulir
Selanjutnya, kasir akan memberikan formulir pengiriman uangnya untuk diisi sesuai data pribadi. Kemudian kasir akan melakukan verifikasi data untuk memastikan data sudah sesuai.

3. Diberikan Struk Bukti Transaksi yang Berisi MTCN
Setelah semua beres. Kasir akan memberikan bukti pengiriman uangnya berupa struk yang didalamnya terdapat kode MTCN (Money Transfer Code Number).

Kode ini sangat penting untuk digunakan dalam proses pencairan uang. BUkti pembayaran tersebut disimpan baik-baik kemudian diberitahukan kepada penerima uangnya.

Langkah-langkah kirim uang dengan TrueMoney di Alfamart, juga bisa dilihat pada video berikut.

Fitur Tambahan TrueMoney

Guys, TrueMoney selain memiliki layanan terima dan pengiriman uang, juga memberikan kemudahan lain, diantaranya layanan pembayaran dan pembelian saat menginstal aplikasinya di gawai kesayangan kita.

Artinya apa?

Dengan menginstal satu aplikasi pembayaran rutin tagihan seperti PLN pascabayar, BPJS, telepon rumah dan internet, dan PDAM dapat dilakukan dengan begitu mudah.

Selain itu, pembelian kebutuhan isi ulang pulsa jika suatu ketika kamu ingin menelpon seseorang. Kamu tidak bakal kerepotan untuk mencari counter pulsa. Layanan pembelian net juga dapat dilakukan token listrik, hingga voucher games juga dapat dilakukan. Fiturnya lengkap, bukan?

Bagaimana, sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak kirim uang karena terkendala tidak ada rekening bank ataupun ATM, kan? Rasanya merdeka banget ya dapat solusi dari TrueMoney.
***
Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition kerjasama antara : truemoney - taudariblogger "Merdeka Kirim Uang" periode 10-31 Agustus 2019
Lomba blog truemoney diikuti Indorsie.com
Gambar yang ditampilkan dalam artikel ini bersumber dari situs penyedia gambar gratis (freepik.com) dan olah grafis yang dilakukan secara mandiri oleh penulis. Sementara video bersumber dari saluran YouTube milik TrueMoney Indonesia.

0 Response to "Mudahnya Mengirim Uang tanpa Bank, tanpa ATM dengan TrueMoney"

Post a Comment

Untuk setiap komentar, kami mengambil kebijakan memoderasi sebelum tampil. Mohon maaf atas ketidaknyaman ini sebagai upaya kami meminimalisir komentar spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel