Yuk Merdekain Warung Tradisional Biar Makin Maju dengan Aplikasi Kudo

"Indra, tante mau ke minimarket belanja sembako. Sekalian beli token listrik dan ngisi pulsa."

"Kenapa harus jauh-jauh, Te. Sekarang lho, udah bisa beli pulsa atau beli token di warung dekat rumah. Warungnya tuh udah nggak seperti warung kelontong biasa yang hanya menyediakan sembako"

"Ah masa. Kok tante nggak tahu ya?" tanya tante Yeti agak keheranan.
KUDO merdekain warung tradisional

Tante, bukan cuman Indonesia yang sudah merdeka. Bebas berpendapat. Menentukan nasib sendiri. Warung tradisonal juga sekarang sudah MERDEKA. Merdeka dan bebas mengembangkan usaha dan tanpa khawatir dengan perkembangan teknologi.” terangku penuh semangat.

"Merdeka juga bisa berarti, warung-warung tradisional tersebut bisa bertahan dan eksis di tengah gempuran persaingan dengan pasar modern dan minimarket.", lanjutku.

Hampir-hampir saja saya mengepalkan tangan menjelaskan. Sambil teriak, "Hidup #PejuangWarung!"

Kalau sudah begini, seketika memori masa kuliahku terpanggil. Saat menyampaikan materi kemahasiswaan di depan adik-adik tingkat.

Jadi sekarang warung deket rumah merdeka dengan 'online-online' itu ya?”, tanya tanteku dengan polos.

Iya, Tante serba bisa dengan aplikasi. Merdekanya warung tradisional itu berarti LELUASA menjual kebutuhan konsumen. Entah itu kebutuhan harian dapur atau kebutuhan pembayaran online lainnya. Iya, bisa dikatakan sebagai Warung Digital Serba Bisa gitu.."

"Wah, canggih. Jadi warung tradisional sekarang udah bisa bersaing dengan pasar modern dan minimarket-minimarket. Kalau sudah begitu, warung tradisional sudah plus-plus, ya?"

"Warung plus-plus? Haha." tawaku.

"Tante ada-ada saja. Sini list belanjaannya. Biar saya yang ke warung."

"Terima kasih ya, Ndra. Kamu memang keponakan yang penolong. Tahu aja, tante lagi repot mau lanjutin masak."
***
Pernah nggak mengalami kejadian yang mirip dengan potongan cerita di atas? Kamu lebih memilih ke minimarket atau pasar modern dengan alasan "pengen praktis" dan lebih lengkap.

Niatnya sih biar nggak pindah-pindah tempat belanja plus hemat waktu buat bayar ini itu. Padahal dengan perkembangan teknologi sekarang, warung-warung di dekat rumah pun sudah bisa melayani semua kebutuhan.

Sekarang juga sudah bisa lho belanja dan bayar tagihan seperti pulsa, bayar listrik, BPJS bahkan beli tiket kereta di warung dekat rumah. Asyyiiiikk.

Ini berarti peran warung semakin banyak. Warung semakin serba bisa. Namun sebelum itu, patut dicermati. Apa saja sih peran warung bagi masyarakat.

Peran Penting Warung bagi Masyarakat    

Warung memang amat lekat bagi masyarakat Indonesia. Berbagai jenis warung bisa dengan mudah temui, diantaranya warung sembako, kelontong, warung kopi, hingga warung rokok.

Perannya pun tidak bisa dianggap sebelah mata. Ada beberapa peran penting warung bagi masyarakat Indonesia, diantaranya:
Peranan Warung Tradisional bagi Masyarakat

1. Sumber Pendapatan Keluarga                 
Banyak masyarakat Indonesia menggantungkan penghasilan dengan membuka warung. Ini terbukti betapa mudahnya warung ditemukan di pinggir jalan atau tempat keramaian lainnya.

Pendapatan dari warung biasanya terkategori lumayan dalam menopang ekonomi. Umumnya warung juga bisa menyerap tenaga kerja keluarga atau tenaga kerja lain yang bisa diupah.

2. Menggerakkan Ekonomi Rakyat                 
Warung-warung di Indonesia diperkirakan jutaan. Jumlah yang banyak itu, tersebar di berbagai pelosok.

Ini tentu menjadi indikator bahwa dengan berdirinya warung, selain melayani kebutuhan, juga berperan dalam menggerakan ekonomi. Bahkan, UMKM-UMKM juga banyak dari warung-warung yang diusahakan masyarakat.

3. Tempat dimana Uang Receh punya Arti    
Jika ingin membeli permen, maka warung adalah tempat terbaik. Tanpa harus membeli dalam jumlah banyak, warung tetap melayani pembelian walau dalam jumlah sedikit.

Ini tentu kontras dengan minimarket. Untuk membeli permen, harus dalam satu bungkus besar.
Uang receh yang tidak seberapa pun, misal 500 rupiah atau beberapa ribu rupiah pun masih bisa ditukarkan dengan berbagai jajanan, permen, atau cemilan lain.

4. Tempat Menukar Uang Besar dengan Nomimal lebih Kecil  
Guys, pernah tidak ingin membayar sesuatu, namun uang yang kamu pegang nominalnya cukup besar. Mau beli barang tersebut, namun kembaliannya tidak cukup. Nah, beruntung masih ada warung.

Warung adalah tempat terbaik untuk menukar uang dengan nominal yang lebih kecil. Mau menukar di minimarket? Mungkin banyak orang yang sungkan tanpa membeli sesuatu dulu.

5. Tempat Bersosialisasi                 
Dari sekian peran warung, alasan inilah yang paling kuat mengapa warung sangat lekat bagi masyarakat Indonesia. Ya, warung merupakan tempat bersosialisasi.

Di warung, kios, kelontong, atau warung kopi adalah tempat proses komunikasi itu masih erat terjalin.

Tidak jarang, pertukaran informasi penting terjadi disini. Sehingga, bukan hanya pertukaran uang atau ekonomi, tapi pertukaran informasi yang menguatkan sendi sosial dan kerukunan masyarakat dapat terjalin.
***
Nah guys. Berkat kecanggihan revolusi industri 4.0 menawarkan berbagai kemudahan. Salah satunya adalah payment, pembayaran.

Warung tradisional rasa "milenial" sekarang sudah banyak bergabung menjadi Mitra KUDO untuk memberi pelayanan lebih. Baik menyediakan sembako ataupun pembayaran-pembayaran lain sampai pesan tiket. Cukup dilakukan di warung. Mantab ya, guys?

Disinilah kemudian KUDO sangat membantu warung-warung tradisional dan ingin merdekain mereka agar tetap eksis serta bisa bersaing di tengah menjamurnya minimarket. KUDO memberi manfaat buat warung dengan berbagai layanan.

Sehingga warung tidak lagi hanya menyediakan kebutuhan seperti sembako. Namun dilengkapi dengan layanan pembayaran.

Selain membantu warung atau UMKM, dengan berbelanja di warung bisa memberikan akses silaturahmi, lho.

Iyakan, pasti kalo belanja ke warung (apalagi emak-emak) diselingi dengan "sapaan dan pembicaraan" yang akrab.

Dari tadi ngomongin KUDO. Apa sih KUDO itu? Ok. Ok santuy..!

KUDO, Aplikasi Digital Buat #MajuinWarung    

KUDO singkatan dari Kios Untuk Dagang Online adalah sebuah perusahaan teknologi yang menciptakan sebuah platform yang memberikan peluang kepada masyarakat Indonesia untuk memiliki peluang usaha dengan menjadi penjual produk dari berbagai usahawan ternama. Aplikasi ini buatan anak negeri. Jadi semakin bangga menggunakannya.

Selain itu banyak banget manfaat dan fitur layanan menarik yang sangat membantu dari KUDO lho, apa saja itu. Yuk, cek satu per satu.

KUDO untuk #MajuinWarung Serba Bisa    

KUDO warung digital serba bisa
1. Grosir Sembako                  
Siapa yang tidak suka sembako murah, mudah dan cepat nyetoknya. Pasti semua suka kan? Kalo teman-teman buka warung dan pengen nyetok barang tanpa rugi bisa banget. Karena KUDO menyediakan layanan dropship juga. Sehingga barang masuk tidak takut untuk tidak laku.

2. Transfer Uang                  
Fitur untuk terima dan transfer uang tersedia tanpa teman-teman memiliki ATM atau harus datang ke bank. Bisa ambil dan kirim uang ke orang tua, saudara atau teman dengan mudah. Apalagi seperti saya yang jualan online, terkadang customer tidak punya ATM untuk membayar, ketemu deh KUDO jadi solusinya.

3. Bisnis Pulsa                  
Jaman sekarang pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok. Bisnis pulsa sekarang lebih mudah dan bisa juga menjadi  penyumbang pundi-pundi teman-teman.

KUDO sudah menyediakan bisnis pulsa ini  agar kita semakin mudah menjangkaunya. Warung KUDO semakin rame juga dengan layanan penjualan pulsa.

4. Bayar Tagihan Telepon                  
Ngecek dan bayar tagihan telepon sekarang tidak perlu lama dan ribet. Cukup datang ke warung KUDO beres deh pembayaran Tagihan Telepon teman-teman.

5. PPOB (Payment Poin Online Bank)                  
Fitur yang satu ini (PPOB) memberikan kemudahan untuk membayar tagihan listrik, PDAM, BPJS dll. Waktu pembayarannya juga fleksibel selama warung tradisional buka.

6. Daftar Grab                  
Pengen daftarkan tetangga atau saudaramu menjadi mitra Grab? Bisa banget bantu mereka lewat layanan KUDO. Tinggal datang ke warung KUDO sangat mudah prosesnya. Jadi bisa bantu mereka daftar grab yang pengen jadi mitra.

7. Tiket Kereta                  
Ada rencana bepergian atau mudik dan pengen praktis serta tidak mengantri beli tiket. Udah, tinggal nonggol di warung tradisional tetanggamu yang ada stempel KUDOnya. Bisa banget pesan tiket kereta pake KUDO. Bayar di tempat udah dapet tiket.

Wah, lengkap ya guys. Rasanya tertarik banget pengen langsung jadi bagian agen KUDO. Lantas, bagaimana dong cara mendaftar agen KUDO?

Cara Mudah jadi Agen Kudo    

Untuk menjadi agen Kudo, caranya sangat mudah. Cukup download aplikasi KUDO di playstore. Daftar jadi agen dan lakukan verifikasi data diri.
Cara mudah mendaftar agen kudo
Hadirnya KUDO menjadi secercah harapan bagi jutaan keluarga Indonesia yang kesehariannya akrab bahkan bergantung dengan warung.

Menyelamatkan eksistensi warung adalah penyelamatan aset luar biasa. Sebab, warung bukan hanya soal ekonomi namun telah menjadi bagian budaya dan sosial rakyat Indonesia.

Sebagai sebuah contoh nih, tonton kisan Rendi dan warungnya di bawah ini.
Yuk, saatnya kita mulai #MajuinWarung di Indonesia sebagai sebuah penggerak ekonomi kerakayatan. Semangat. !
Artikel-Komando-Blog-Competition.png
***
"Artikel sedang diikutsertakan dalam perlombaan Merdekain Warung Blog Competition oleh Kudo"

Referensi:
  • https://kudo.co.id
Sumber Gambar:
  • https://kudo.co.id/
Gambar diolah dan didesain menggunakan aplikasi Canva oleh penulis sendiri.

Video:
  • Kudo Indonesia

0 Response to "Yuk Merdekain Warung Tradisional Biar Makin Maju dengan Aplikasi Kudo"

Post a Comment

Untuk setiap komentar, kami mengambil kebijakan memoderasi sebelum tampil. Mohon maaf atas ketidaknyaman ini sebagai upaya kami meminimalisir komentar spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel