Indozone.id Platform Menarik & Informatif untuk Menyokong Bonus Demografi Indonesia

Indorsie - Archimedes adalah salah satu ilmuwan masa lampau. Ia hidup dimasa Yunani kuno. Penemu hukum Archimedes ini memiliki cerita yang lucu saat menemukan hukum tersebut. Konon, saat Archimedes sedang mandi di bak pemandian umum dan berusaha mengetahui kemurniaan mahkota raja yang dititahkan padanya. Nah, dalam kondisi mandi tersebutlah, kemudian ia berhasil menemukan jawaban dari titah yang selama ini menggelayuti pikirannya.

Archimedes yang kala itu saking senangnya, tampak ia sadar berlari keluar dari kamar mandi dan berlarian di tengah kota dalam kondisi tidak memakai baju sambil berterik, Eureka.. EurekaEureka, yang jika diartikan adalah Aku MenemukannyaAku menemukannyaAku menemukannya.

Cerita Archimedes tersebut menyiratkan bahwa penemuan dan suatu informasi itu sangat berharga nilainya. Dan disaat kita mengetahuinya, kadang membuat kita lupa dengan yang lain ataupun kondisi sekitar atau saking takjubnya, mulut menganga sambil berucap "Wow".

Indozone, Millenial dan Gen-Z

Sejarah Indozone
Jika Arcihemedes hidup pada masa Yunani kuno, maka sekarang adalah zaman millenial dan gen-Z. 
Jika Archimedes disaat mengetahui sesuatu yang teramat penting kemudian mengatakan “Eureka”, maka sekarang zamannya setiap informasi penting disebarkan dan dibubuhi hastag #KAMUHARUSTAU.
Akun instagram yang hampir selalu membuat saya tercengang saat membacanya adalah Indozone. Lewat hastag yang sangat familiar di instagram #KAMUHARUSTAU membuat saya banyak tahu informasi terbaru, fenomena unik, video-video hits dan trend, dan berbagai pengetahuan lain yang membuat berdecak kagum, “Wow, aku baru tahu info ini”.

Indozone adalah Multi-Platform News dan Entertainment Media yang berfokus untuk Generasi Millennials dan GEN Z. Indozone pertama kali hadir pada 18 September 2014.

Saat itu, dimulai dari platform sosial media Instagram. Hingga kini semakin dikenal dengan tagarnya yang hits #KAMUHARUSTAU.

Mengapa Indozone fokus pada millenial dan generasi Z?

Hal itupun sempat membuat saya bertanya-tanya. Namun jika melihat sepak terjangnya selama ini, menurut saya Indozone sebagai platform berita dan hiburan punya tujuan idealis, yaitu menyokong bonus demografi Indonesia.

Bonus Demografi: Millenial dan Generasi Z

bonus-demografi
Tahu tidak, Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi tahun 2030-2040 (Bappenas, 2017). Artinya dimasa mendatang Indonesia akan mendapat keuntungan dari banyaknya jumlah anak muda yang produktif dibanding jumlah orang tua.

Di masa itu diprediksi Indonesia akan menjadi negara yang hebat lewat tangan-tangan generasi Z.
Untuk menyokong potensi demografi itu secara maksimal, maka millenial dan generasi Z penting disokong, terutama pada asupan informasi.

Generasi millenials oleh Pew Research Center yang dikategorikan siapa saja yang lahir antara 1981 dan 1996. Sementara yang lahir pada 1997 dan setelahnya, termasuk ke dalam generasi Z atau biasa disingkat gen Z.

Bisa dikatakan milenial adalah mereka yang jadi orang tua hari ini dan gen Z adalah generasi mereka yang tumbuh dengan gadget. Olehnya, penting sekali membekali milenial dan gen Z ini dengan berbagai informasi yang inspiratif, kredibel, unik, dan motivatif.

Review Website Indozone.id

Seperti yang saya utarakan di awal, akun instagram Indozone kadang membuat saya tercengang, dengan ulasan "membahas segala hal dari seluruh dunia" yang bisa saya katakan mengawinkan antara kebutuhan informasi yang cepat, tepat, informatif dengan karakter milenial dan gen-Z yang menyukai sesuatu yang hits, kekinian, dan viral.

Kini, situs resmi Indozone bisa diakses di alamat www.indozone.id. Yuk, simak review websitenya mulai dari tampilan PC.

1. Header Barisan Menu
Menu Indozone
Header yang dimiliki Indozone boleh dikatakan sangat simple. Hanya ada logo yang juga berfungsi sebagai link home, kotak pencarian, dan fasilitas pendaftaran anggota.

Dari sini, kita bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa Indozone memang situs yang fokus kepada penyajian konten untuk para penggunanya.

Selanjutnya, website Indozone memiliki barisan menu terdiri dari News, Fakta dan Mitos, Game, Tech, Food, Soccer, Beauty, FYI, Videografik, dan More. Untuk More sendiri memiliki dropdwon yang terdiri dari beberapa sub menu, yaitu #Kamuharustau, Infografik, Otomotif, Sport, Live, Health, Travel, Movie, Music, Youtube, dan Indeks.

Di bawah barisan menu tersebut, terdapat teks berjalan yang merupakan artikel-artikel terbaru yang diterbitkan Indozone. Kamu bisa segera mengklik judul teks untuk membaca artikel yang kamu mau.

Oh ya dibagian sudut kanan atas, kamu bisa mendaftar sebagai member Indozone, loh. Seperti yang telah saya lakukan sekitar sebulan yang lalu.
indozone-member
Tampilan Indozone Member
2. #KAMUHARUSTAU
Kolom #kamuharustau Indozone
Bisa dikatakan tampilan awal yang paling mencolok dari Indozone adalah kolom #KAMUHARUSTAU

Mengambil space atas, dimana menjadi bagian pertama yang akan dilihat oleh pengunjung.

Di kolom #KAMUHARUSTAU adalah berita pilihan yang berisi tema beragam namun dinilai layak untuk diketahui oleh khalayak, kaum milenial, dan generasi Z.

Format #KAMUHARUSTAU ini mencolok dengan sebuah gambar besar disisi kiri.

Sepengamatan saya, kolom #KAMUHARUSTAU ini berisi artikel yang aktual, menarik, dan berita terbaru.

3. HIGHLIGHT
tampilan highlight indozone
Dalam portal berita kolom highlight ditempatkan untuk menyorot berita-berita yang dianggap penting. Sebab dianggap penting, berita di kolom highlight biasanya tampil lebih lama di halaman depan.

Kolom highlight di Indozone terdiri dari 4 berita pilihan. Berbentuk grid dengan fitur slider yang bisa digeser untuk memilih berita.

4. BERITA TERKINI
Kolom berita terkini berisi berita-berita faktual dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Selain berita, juga diselingi antar artikel berita dengan menu lain, misalnya beauty, otomotif, health.

Yakin deh, kolom berita terkini Indozone ini bakal membuat kamu selalu up date informasi terkini. Selain up date, kamu juga nggak bakal bosan karena terdapat selingan artikel ringan lainnya.

5. INFOGRAFIK
Tampilan infografik Indozone
Bisa dikatakan, secara pribadi ini adalah kolom favorit saya. Infografik menyajikan berita yang singkat, padat, dan disertai dengan gambar menarik.

Kepopuleran infografik memang cukup bagus. Sebab bentuk penyajian informasinya dalam satu gambar memanjang ke bawah (horizontal) sangat eyecatching.

Infografik biasanya sangat cocok untuk informasi yang sifatnya poin-poin atau memiliki list/daftar.

Nah, di Indozone juga menyajikan infografik yang kece badai, loh. Dengan infografik, kamu bisa lebih bisa menangkap banyak informasi karena disertai gambar/ilustrasi yang mewakili.

Infografik ini saya lihat cukup banyak. Terlihat dalam satu grid terdapat 4 infografik dengan slider berjumlah 3 buah.

6. VIDEOGRAFIK
videografik-indozone
Untuk kolom videografik adalah hal yang baru bagi saya. Walaupun jenis video ini sudah lama muncul di instagram, namun jika merujuk ke portal berita, maka ini sesuatu yang baru.

Keren sih menurut saya. Di videografik ini berisi video-video informatif yang dibuat dengan durasi 1 menit. Sangat cocok untuk diposting atau dibagikan di instagram.

Baca juga:
Biasanya, jenis video seperti ini berisi berbagai macam informasi menarik yang dibungkus dalam satu video. Mirip video slideshow sih. Namun sepanjang yang saya lihat, kualitas videografik Indozone melebihi itu.

7. FYI
fyi-indozone
FYI adalah singkatan dari "For Your Information", adalah salah satu kolom yang ditampilkan di halaman depan situs Indozone.

FYI ini berisi gambar yang instagramable. Bikin tangan gatal untuk segera mempostingnya di instagram.

Pasalnya FYI ini dimensi gambarnya memang disesuaikan dengan instagram. Berisi kumpulan gambar-gambar yang saling terkait satu sama lain dengan 1 informasi besar.

Misalnya saja, "Hal yang Bikin Anak Kost Senang" terdiri dari beberapa gambar yang sesuai banget dengan karakter mahasiswa atau anak kost.


8. News, Fakta & Mitos, Game, Tech
news-indozone
Untuk bagian kolom ini, terdapat 4 menu yang disatukan, ada News, Fakta dan Mitos, Game, dan Tech.

Tiap bagian mewakili semua kategori menu yang ada. Bagian news merupakan berita faktual dan aktual, fakta dan mitos mengulas mengenai berbagai fakta dan mitos dari berbagai daerah dan dunia. Game menginformasikan informasi tentang dunia game yang banyak dimainkan milenial dan gen Z. Sementara tech memberikan informasi up date perkembangan teknologi yang tiap saat berubah dengan drastis.

9. Food, Travel, Soccer, Health
kolom-food-indozone
Rasanya tidak lengkap platform berita tidak menginformasikan dunia kuliner (food). Adanya informasi terkait kuliner semakin melengkapi kebutuhan milenial dan gen Z dalam menyajikan makanan. Tentunya informasi berbagai jenis kuliner di dunia juga ditampilkan.

Selain itu, ada menu travel, soccer, dan health di kolom ini. Travelling sudah menjadi kebutuhan dasar generasi milenial dan gen Z karena mobilitas yang tinggi. Informasi mengenai tips dan tempat-tempat wisata akan semakin melengkapi rencana travelling kamu.

Berita bola (soccer) juga harus senantiasa up date. Untungnya Indozone menyajikan kebutuhan tersebut, dimana berita bola tiap saat berubah baik itu dalam negeri maupun liga-liga lain di dunia.

Health akan memberikan informasi kesehatan sebagai wujud pentingnya pemeliharaan kesehatan, yang tentunya dimulai dari informasi yang benar mengenai kesehatan. Kaum milenial dan gen Z adalah generasi yang care dengan kesehatan. Olehnya, informasi mengenai ini penting untuk selalu hadir di tengah mereka.

10. Beauty, Movie, Music, Otomotif
kolom beuaty Indozone
Informasi kecantikan (beauty) tersaji bersama dengan menu movie, music, dan otomotif. Ini merupakan kolom terakhir dari tampilan artikel bagian depan (home) situs Indozone.

Informasi kecantikan terbaru disajikan di bagian ini. Tentunya sejalan dengan selera kaum milenial dan gen Z. Berita movie dan music menginformasikan berita-berita terhangat seputar dunia film dan musik.

Melengkapi semua itu, ada menu terakhir dalam sajian situs Indozone yakni otomotif. Bagi pencinta otomotif, bagian ini kurang pas jika tidak diikuti terus perkembangannya.

11. Tampilan Utuh Halaman Artikel Indozone
Orang bijak mengatakan bahwa jangan menilai sesuatu hanya pada satu sudut pandang. Nilailah dari berbagai sudut pandang, agar bisa memahami secara utuh.

Pun begitu untuk situs Indozone, saya juga tidak ingin mereviewnya hanya pada satu atau dua aspek saja. Saya ingin mengulasnya dari beberapa sisi.


Tampilan utuh satu halaman penuh salah satu page di Indozone saya screenshot seperti gambar di samping.

Jika dilihat secara utuh yang dibuka melalui PC/komputer, Indozone berusaha menyajikan konten informatif yang bisa dinikmati pembacanya secara langsung (focus to the content).

Terlihat di bagian atas, sebelum judul tulisan ditampilkan gambar besar mencolok untuk mengilustrasikan apa yang ingin disampaikan di dalam artikel.

Di bagian kanan samping (right sidebar), tidak terlalu banyak iklan yang mengganggu. Jumlahnya tidak banyak, hanya dua slot iklan berbentuk segi empat (rectangle).

Kemudian, dilengkapi dengan artikel terkait lainnya #Kamuharustau, kontak sosial media (Join Us), dan Insight artikel lain yang bisa menambah informasi menarik bagi pembaca.

Untuk tombol bagikan ke berbagai kanal sosial media, diletakkan persis di bawah penulis sebelum artikel. Tombol bagikan lainnya, berada di samping yang mengikuti ke atas-bawah sesuai scroll pembaca (sticky).

Di bagian tengah artikel terdapat Baca Juga berupa artikel terkait. Pemasangan artikel terkait di tengah artikel adalah hal yang lumrah dan memudahkan pembaca menemukan topik artikel sejenis.

Di bagian akhir artikel juga terdapat 3 judul artikel terkait. Kemudian ada beberapa Tag yang jika pembaca mengkliknya, diarahkan pada kumpulan artikel terkait sesuai dengan tag.

Tak lupa, terdapat kotak komentar facebook yang bisa digunakan pembaca jika ingin memberika umpan balik (feedback).

Kemudian dibagian bawahnya, terdapat sejumlah artikel terkait maupun artikel lainnya. Untuk artikel lainnya ditampilkan satu atau dua artikel pada tiap sub menu. Misalnya artikel otomotif, travel, game, news, dan seterusnya.

Di bagian akhir Artikel lainnya, pembaca dapat menekan tombol Load more untuk mengakses artikel lebih banyak.

Sementara di bagian footer, selayaknya portal berita yang kredibel, tidak lupa ditampilkan kembali jejeran menu, tombol sosial media resmi (official Indozone), dan link-link penting seperti redaksi, iklan, disclaimer, pedoman media siber, kebijakan privasi, karir, dan kontak.

Tampilan Indozone via Smartphone

Saat ini, belum cukup untuk menilai sebuah situs hanya dengan melihat dan membaca via PC/komputer

Performa sebuah situs juga harus dinilai dari tampilannya saat dibuka di smartphone (gawai).

Saat membuka Indozone via gawai, saya merasa bahwa situs ini cukup cepat untuk loading. Selain itu, tampilannya yang responsive dan mobile-friendly, sangat cocok dibuka lewat gawai kesayangan.

Dan yang tidak kalah menarik adalah desainnya, yang ternyata jika dibuka lewat gawai, tampilannya seperti instagram. Kece banget deh.

Ini terlihat dari gambar yang muncul berbentuk segi empat (persegi), yang mirip banget dengan desain instagram. Ditambah slidernya, hampir mirip dengan gambar postingan instagram.

Dibawahnya lebih menarik lagi, terdapat beberapa bundaran/lingkaran yang merujuk pada beberapa artikel. Mirip banget dengan story-story di instagram kamu.
Tampilan mobile Indozone via smartphone

Alasan Indozone.id menjadi Platform Berita dan Hiburan paling Menarik

Ada beragam situs ataupun portal berita yang bisa diakses di internet. Namun, belum tentu cocok atau sesuai dengan selera dan kebutuhan milenial dan gen Z.

Saya cukup berani mengatakan bahwa Indozone merupakan platform berita dan media hiburan paling MENARIK bagi kaum milenial dan gen Z dengan beberapa alasan berikut.

1. Artikel Informatif
Jujur, saya bisa mengatakan bahwa banyak platform berita yang penyajian artikelnya kurang informatif. Artinya, artikel yang disajikan terkesan panjang, namun isinya mengambang.

Kenapa bisa mengambang dan pembaca susah menarik informasi di dalamnya? Sepengatahuan saya, karena mereka tidak menyajikan artikel dengan kriteria 5W + 1 H.

Lain halnya dengan Indozone, sajian artikelnya ciamik padat isi dan to do pint sehingga pembaca tidak merasa terputar-putar dengan berita yang disajikan. Selain itu, bebas dari hampa informasi.

2. Tidak Sensional, No Clickbait
Sebenarnya, artikel untuk bisa viral tidak mesti harus selalu dibuat penuh sensional dengan judul clickbait.

Di satu sisi tidak ada yang salah dengan clickbait, namun dengan kondisi generasi Indonesia yang kadang tidak membaca tuntas isi artikel, maka rasanya kurang bijak menerapkan clickbait berlebihan.

Saya bangga dengan Indozone, sebab artikel yang dimuat tidaklah sensional dan no clickbait. Pembaca bisa menarik informasi dengan baik, tanpa harus sangat emosional dengan judul yang clickbait

3. Iklan Tidak Mengganggu
Iklan disatu sisi menjadi sumber penghasilan sebuah situs. Boleh dikata, iklan adalah urat nadi dan tumpuan sebuah situs agar tetap eksis. Namun, pemasangan, jumlah, dan jenis iklan harus dikondisikan agar tetap ramah kepada pengguna.

Untungnya, di Indozone tidak ada iklan yang menurut saya mengganngu. Misalnya, dibagian header tidak diletakkan iklan. Ini memudahkan pengguna yang datang dari gawai bisa melakukan scrolling tanpa terganggu atau terpleset memencet iklan.

Selain itu, tidak ada tipe iklan autoplay video yang kadang sangat mengganggu karena  pemasangat iklan tipe ini membuat video terputar secara otomatis.

4. Tidak ada Pagination
Pagination secara sederhana adalah membagi satu artikel ke dalam beberapa page sehingga disaat pembaca ingin membaca secara keseluruhan artikel, maka ia harus mengklik halaman selanjutnya.

Pagination secara praktis berguna jika artikel yang disajikan merupakan artikel yang mendalam dan sangat panjang, sehingga dalam memberikan kenyamanan kepada pembaca maka artikel dipecah ke beberapa halaman.

Namun agak kurang tepat, jika artikel berita yang biasanya isinya cukup pendek dibuat dalam beberapa page. Terlebih jika artikel tersebut dibuat berputar-putar demi mengejar satu artikel menjadi beberapa halaman.

Tentu yang paling menjengkelkan bagi pembaca seperti saya saat menemukan situs yang seperti itu, malahan intisari pemberitaan tersebut diletakkan di bagian penutup artikel sehingga saya harus bersusah payah untuk mengklik beberapa halaman untuk bisa menemukan maksud dan isi artikel.

Kabar baiknya, artikel-artikel sajian Indozone tidaklah demikian. Sehingga saya sebagai pembaca merasa sangat nyaman untuk membaca dari awal sampai akhir artikel.

5. Dukungan Media Sosial yang Lengkap
Indozone awalnya dikenal lewat Instagram. Saya sendiri biasanya melihat postingan dari akun Indozone berseliwerang disaat saya menekan tombol search instagram.

Postingan yang disarankan oleh instagram, karena banyaknya postingan instagram Indozone yang disukai oleh teman-teman ataupun following saya. Setelah saya cek, benar saja akun instagram Indozone begitu populer dengan jumlah pengikut cukup fantastik. Menyentuh angka jutaan untuk akun utama.

Belum lagi, akun-akun instagram yang lain bagian Indozone. Jadi, Indozone menurut saya sangat cerdas melakukan strategi diversifikasi akun dengan membagi akun instagram menjadi beberapa. Disesuaikan dengan tema atau menu yang berbeda.

Strategi ini bukan kaleng-kaleng loh. Sebab, hampir semua akun-akun yang terkait dengan Indozone memiliki followers sampai ratusan ribu. Luar biasa.
akun-instagram-indozone
Selain sangat maksimal di akun instagram, Indozone juga memanjakan dan mendukung penggunanya lewat channel Youtube.
akun youtube indozone
Dukungan Indozone melalui kanal Youtube bisa dikatakan sangat baik. Ini terlihat dari jumlah subscriber channel resmi Indozone sudah mencapai 160 K dan tentunya akan terus bertambah.

Untuk media sosial lain seperti twitter, facebook, linkedin, dan tentunya line juga tidak ketinggalan bagi Indozone. Semua media tersebut, dilihat dari sisi jumlah followers maupun subscribers mengindikasikan kuat bahwa Indozone memang platform berita dan media hiburan yang paling menarik saat ini.

Setelah mengulas situs Indozone, tentu ada sedikit saran yang bisa saya sarankan bagi pihak Indozone biar makin kece, hits, dan menarik ke depan, diantaranya:

1. Belum memiliki Aplikasi
Selain melalui situs resmi atau sosial media, informasi bisa diakses dengan cepat melalui dukungan aplikasi, baik yang ada playstore ataupun yang mendukung perangkat lainnya.

Hingga kini, Indozone belum memiliki aplikasi android. Saya yakin, ke depan Indozone bakal membuatkan aplikasi bagi para pembaca setianya.

2. Artikel Berjalan
Untuk artikel berjalan yang berada di bawah menu menurut saya perlu dibenahi. Terutama, saat mengarahkan kursor di salah satu judul. Artikel yang mau dipilih tidak berjalan, padahal sudah diarahkan dengan kursor.

3. Artikel Terkait
artikel terkait indozone
Bagian artikel terkait yang berada di akhir artikel belum responsive dengan lebar tampilan artikel. Akibatnya tampilan grid artikel lainnya ada yang terpotong.

Ini cukup mengganggu bagi pembaca yang kebetulan peka secara visual, yang biasanya memilih artikel berdasarkan gambar yang ditampilkan.
*
Nah, demikianlah ulasan saya mengenai situs Indozone. Platform berita dan media hiburan paling menarik, informatif, inovatif bagi generasi milenial dan generasi Z.

Saya berharap dengan kehadiran Indozone, bisa menjadi batu loncatan bagi orang tua milenial dan anak-anak generasi Z dalam rangka menguatkan potensi bonus demografi Indonesia di masa mendatang.

Sumber Referensi:
  • Siaran pers. Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan. Bappenas 2017. https://bit.ly/2MVe4KR.
  • Indozone. www.indozone.id

8 Responses to "Indozone.id Platform Menarik & Informatif untuk Menyokong Bonus Demografi Indonesia"

  1. Pilihan sumber berita baru nih. Saya suka tampilan tanpa pagination. Soale suka malas harus ngeklik2 berita lanjutannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagination menjadi salah satu sebab minat baca di situs berita online menjadi menurun..

      Delete
  2. Hari ini yang menampilkan infografis adalah yang dilirik. Dan indozone sukses menampilkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, menurut pendapat saya pribadi, trend ini lebih karena kuatnya pengaruh instagram sehingga netizen lebih senang melihat gambar informatif (infografis)

      Delete
  3. Saya termasuk generasi
    Wah itu cerita si penemu yunani lucu juga ya
    Situsnya keren dan mantap ya, apalagi saat dilihat atau dibuka dengan perangkat mobile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas termasuk generasi millenial
      Begitulah Archimedes saking girangnya sampai lupa kalau ia sedang tidak pakai baju.
      Keren dan cepat loadingnya saat dibuka versi mobile

      Delete
  4. Wah sy berasa jdi tuir kalo liat generasi sekarang wk wk... ­čśüTambahan sumber berita yg baru nih.. Thks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Generasi sekarang sangat cepat dalam belajar teknologi. Sebagai generasi sebelum mereka, rasanya perlu berpacu dan melaju lebih kuat agar bisa mengikuti dan mengimbangi

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel