Efek Positif Yang Bakal Kamu Dapatkan Bila Kuliah Sambil Bekerja

Menjadi mahasiswa tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Banyak pengeluaran yang harus dipenuhi. Apalagi kamu yang menempuh pendidikan di luar kota. Uang saku tidak hanya digunakan untuk memenuhi keperluan kuliah, tapi kebutuhan hidup dan tempat tinggal. Hal inilah yang menjadi faktor pendorong sebagian besar mahasiswa bekerja sambil kuliah. Entah itu usaha sendiri ataupun gabung dengan usaha orang lain sebagai usaha sampingan.

Kuliah dan bekerja secara bersamaan memang bukan sesuatu yang gampang. Kamu harus bisa membagi waktu antara kuliah dengan bekerja. Keduanya harus tetap berjalan dengan seimbang. Meskipun kehilangan waktu bersenang-senang bersama teman. Namun, kamu akan merasakan manfaatnya kemudian hari.

Manfaat Kuliah Sambil Kerja

Apa saja manfaat positif dari kuliah sambil bekerja?
manfaat kuliah sambil bekerja

1. Mendapat Uang Saku Tambahan
Tujuan utama bekerja tentu saja untuk mendapatkan gaji tambahan. Masih berstatus sebagai mahasiswa, sudah pasti kamu tidak dapat bekerja penuh waktu. Jangan khawatir, saat ini banyak instansi yang membutuhkan karyawan untuk bekerja paruh waktu. Bimbingan belajar atau menjaga stand makanan yang hanya buka sore hari.

Selain itu, kamu bisa membuka usaha sendiri atau bekerja sebagai freelancer banyak peluang usaha yang bisa dijalankan. Membuka jasa pengetikan makalah, membuat kerajinan tangan, bekerja sebagai penulis blog, dan masih banyak lagi. Masalah penghasilan, bisa dibilang tidak sebarapa. Itu tidak masalah karena kamu masih hidup sendiri, dengan kata lain belum berkeluarga. Hitung-hitung lumayan untuk menambah uang saku. Ingat sedikit-sedikit tetap sisihkan untuk menabung.

2. Mengatur Waktu dengan Bijak
Kuliah jalan, bekerja iya. Otomatis tanggung jawab juga double. Tanggung jawab sebagai pelajar, tanggung jawab sebagai karyawan atau pekerja. Kalau kamu sudah konsisten sejak awal berarti kamu harus fokus menjalankan keduanya. Tidak ada yang terbengkalai salah satunya. Secara tidak langsung fokusmu terbagi pada dua hal tersebut.

Sehingga kamu terlatih menyelesaikan tugas kuliah dengan baik dan tepat waktu, serta pekerjaan juga tidak kamu biarkan keteteran begitu saja. Kebiasaan ini membuatmu lebih menghargai waktu.

Nantinya ketika benar-benar masuk dalam dunia kerja, sudah tidak kaget lagi dengan deadline. kamu sudah terampil dan bijak dalam mengatur waktu.

3. Lingkup Pertemanan Luas
Memilih bekerja sambil kuliah, tentu orang-orang yang kamu kenal akan bertambah. Dari teman sesama karyawan, bos, klien, atau orang-orang yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Lingkup pertemananmu bukan hanya teman kuliah atau teman satu kos.

Memiliki banyak relasi sangat menguntungkan. Semakin banyak teman, semakin mudah juga menerima informasi. Baik itu, informasi jenjang kuliah selanjutnya, beasiswa, atau lowongan pekerjaan yang kamu butuhkan. Jalin pertemananmu dengan baik. Bisa jadi, suatu saat nanti merekalah yang menjadi rekan bisnimu.

4. Bersosialisasi dengan Banyak Orang
Masuk dalam dunia perkuliahan menuntutmu mengenal orang-orang baru. Selain menjalin komunikasi dengan teman-teman satu jurusan, kamu juga harus bisa bersosialisasi dengan baik. Contohnya, membutuhkan narasumber untuk menyelesaikan tugas kuliah atau menghubungi kakak tingkat untuk mencari informasi terkait praktik kerja. Itu artinya mahasiswa tidak bisa menjadi pribadi yang individualis.

Belum lagi kamu juga memutuskan untuk bekerja paruh waktu. Komunikatif sudah menjadi tuntutan. Di kampus ataupun saat bekerja, kamu sudah terbiasa berinteraksi dengan banyak orang. Tidak heran kalau mudah mengakrabkan diri dengan lingkungan dan orang baru. Kuliah sambil bekerja membuatmu semakin banyak teman.

5. Menggunakan Waktu untuk Hal Positif
Memasuki masa kuliah, sudah pasti saat itu masih dalam usia muda. Usia dimana lebih suka menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Memang hal tersebut tidaklah salah. Tapi, dengan kuliah sambil bekerja akan membuatmu kehilangan masa-masa yang indah ini.

Sisi baiknya banyak waktu yang dihabiskan untuk hal-hal positif. Sehari-hari waktumu terpakai untuk serius kuliah dan sibuk bekerja. Sebenarnya, kamu masih bisa bersenang-senang kok. Bepergian sesekali untuk menghilangkan stress agar pikiran bisa relax kembali.

6. Siap Menghadapi Masa Depan
Kuliah merupakan fase dimana seseoranf sedang produktif-produktifnya. Inilah waktu yang tepat untuk belajar sambil bekerja. Sebab saat itu kamu telah memiliki mimpi dan semangatmu sendang menggelora untuk meraihnya. Sukses mendapat gelar sarjana, serta memiliki pekerjaan sebelum lulus membuatmu siap menghadapi masa depan.

Di saat teman-temanmu bingung melamar kerja kesana-kemari, kamu sudah tahu harus kemana karena lama berkecimpung di dunia kerja. Bahkan, bisa jadi tabungan hasil kerja selama ini sudah bisa untuk membangun usaha yang kamu inginkan.

7. Memiliki Segudang Pengalaman
Melakukan aktifitas kuliah atau bekerja tentu akan menghadapi berbagai kejadian. Baik yang menyenangkan ataupun tidak. Dalam menjalankan pekerjaan, tidak mungkin setiap hari menemui klien yang enak. Pasti ada juga klien yang rewel.

Dari pengalaman inilah mentalmu diuji. Sama halnya dengan ujian tengah semester yang kamu jalani. Bagaimanapun bentuk klien atau sesulita apa soal ujian. Semua harus ditangani dengan cakap. Pengalaman yang pernah kamu alami ini sangat membantu di kemudian hari.

Itulah alasan mengapa kamu harus kuliah sambil bekerja. Melakoni dua profesi sekaligus memang tidak mudah. Mantapkan niat dan terus semangat yang paling penting adalah tidak pantang menyerah [indorsie.com].

2 Responses to "Efek Positif Yang Bakal Kamu Dapatkan Bila Kuliah Sambil Bekerja"

  1. Saya kok mulai jatuh cinta dengan tulisan-tulisan di sini, banyak yang jadi favorit saya nih temanya :)

    Kayaknya blog ini bakal jadi salah satu tempat menyenangkan untuk blog walking deh :)

    Btw, salah satu hal yang saya sesali adalah, hidup di zaman baheula hahaha.
    Maksudnya, sejujurnya sejak kuliah tuh saya pengen banget kerja, tapi dulu agak sulit cari kerja, khususnya bagi seorang yang kebanyakan alasan kayak saya hahaha.

    Dulu teman-teman kos saya kuliah sambil kerja dengan jadi SPG, saya mau ikutan tapi nggak pede pakai rok mini hahaha.

    Terus coba melamar kerja di bidang kontraktor, nggak ada yang nerima.

    Zaman sekarang mah, cari duit sambil kuliah lebih mudah, bisa manfaatkan teknologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, yang penting ada sedikit kemauan dan kerja keras dibandingkan mahasiswa pada umumnya. Memutuskan untuk kuliah sambil kerja sangat menguntungkan, selain nambah pengalaman, juga bisa jadi nilai tambah bagi kita ke depannya.

      Saya waktu kuliah S1, kuliah dan cari peluang mendapat uang jajan tambahan sebagai blogger.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel