Rektor dan Dua Dosen IPB University Raih Penghargaan Academic Leader 2019

Peran penting kepemimpinan dalam mencapai keberhasilan, terutama pada institusi pendidikan akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan itu, tidak hanya bisa dirasakan oleh dosen, pun begitu dengan mahasiswa-mahasiswanya.

Kepemimpinan yang kuat dan mengayomi akan mengantarkan suatu universitas disegani. Nah, ini pula yang diraih oleh rektor IPB University dan dua dosen lainnya baru-baru ini.
Rektor dan Dosen IPB University
Bentuk apresiasi dan pengakuan atas kepemimpinan dan sumbangsinya di dunia kampus ditunjukkan dengan diraihnya Academic Leader Award 2019. Gelaran pemberian penghargaan ini dilakukan bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila, Selasa malam, 2 Oktober 2019.

Academic Leader Award 2019

Academic Leader Award adalah penghargaan yang diberikan bagi kalangan akademisi, khususnya dosen dan rektor yang dianggap berkontribusi dalam kemajuan pendidikan tinggi. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristik Dikti).

Penghargaan atau award tersebut dibagi menjadi dua kategori. Pertama, kategori dosen dengan bidang keilmuan yang diampu. Kedua, kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi (rektor atau direktur).

Leadership atau kepemimpinan yang baik akan membuat kampus mengalami kemajuan. Untuk IPB sendiri, penghargaan itu diterima oleh rektor Dr Arif Satria, masuk dalam ketegori dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi.

Dr Arif Satria mendapat peringkat kedua. Prestasi ini sangat membanggakan, sebab menurut Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti dari sekitar 4.500 perguruan tinggi tidak banyak rektor memiliki kepemimpinan yang bagus dan mumpuni.

Sementara itu Prof Dr Slamet Budijanto, M.Agr menjadi juara pertama untuk kategori dosen. Juara tersebut disabet pada ketegori bidang teknologi.

Prof Dr Slamet Budijanto, MAgr yang juga wakil dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB University berhasil melakukan inovasi pengembangan vehicle diversifikasi pangan. Inovasi itu terutama untuk pangan-pangan lokal demi penguatan kedaulatan pangan.

Dosen IPB University lain yang menerima penghargaan Academic Award 2019 adalah Dr Illah Sailah. Beliau tercatat sebagai dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian.

Dr Illah Sailah mendapat juara 2 Academic Leader untuk kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Rektor dan dosen-dosen yang mendapat penghargaan tersebut adalah dosen-dosen yang inspiratif, memiliki semangat berkarya, dan memiliki kepemimpinan yang visioner.

Ini adalah modal besar dalam menghadapi tantangan kemajuan teknologi era industri 4.0. [Indorsie]

0 Response to "Rektor dan Dua Dosen IPB University Raih Penghargaan Academic Leader 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel